Edisi 07-02-2017
Warga Diimbau Berperilaku Hidup Sehat


MEDAN - Bergantinya musim hujan ke musim panas akan menimbulkan sejumlah penyakit. Untuk itu, masyarakat harus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk mengantisipasinya.

Hal itu disampaikan oleh CamatMedanPetisah, RakhmatAdi Syahputra Harahap kepada KORAN SINDO MEDAN di Medan, Senin (6/2). Dengan berperilakuhidupbersihdansehat, masyarakat akanterhindarpenyakit. Perilaku hidup bersih dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan, menjaga polamakandanaktifberolahraga.

“Alhamdulillah kita selalu rutin melakukanm gotong royong bersama warga. Dalam kesempatan itu sering kita manfaatkan untuk kampanye pola hidup bersih dan sehat. Kalau sudah berperilaku seperti itu, kita yakin masyarakat akan terhindar dari berbagai penyakit,” katanya. Dia tidak menampik, masyarakat di wilayahnya masih banyak yang kurang memperhatikan pola hidup bersih dan sehat.

Namun, pihaknya bersama sejumlah puskesmas yang ada di wilayahnya tersebut rutin melakukan sosialisasi untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan. Hal itu sesuai dengan intruksi Wali Kota Medan T Dzulmi Eldin agar setiap kecamatan mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam melaksanakan program Medan Berhias (bersih, hijau, asri dan sehat).

Salah satunya, dengan mengajak warga untuk menjaga taman-taman kecil yang ada dipinggir jalan dan tidak membuang sampah sembarangan. “Menindaklanjuti intruksi bapak Eldin, setiap minggu kita rutin mengelar gotong royong bersama warga. Kita juga mengajak beberapa pihak untuk aktif melakukan penyuluhan kesehatan, termasuk di Kampung Kubur,” sebutnya.

Imbauan mengajak warga untuk berperilaku hidup sehat juga disampaikan Camat Medan Sunggal, Pahri Matondang. Dikatakannya, sudah seharusnya melakukan pencegahan daripada mengobati. Penyakit yang sering terjadi ditengah-tengah masyarakat adalah demam berdarah dengue (DBD), diare dan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). “Hal itu bisa kita cegah dengan menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih. Kesadaran itu harus kita tanamkan kepada warga,” pungkasnya.

irwan siregar



Berita Lainnya...