Edisi 07-02-2017
Rp587 Miliar untuk Proyek Pembangunan


MADIUN– Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun mengalokasikan dana Rp587,12 miliar untuk pembangunan 986 kegiatan, baik fisik maupun nonfisik selama tahun anggaran 2017.

“Ratusan miliar rupiah untuk ratusan kegiatan pembangunan tersebut dianggarkan bagi 34 organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di Kota Madiun,” ujar Sekretaris Daerah Kota Madiun Maidi, kemarin. Menurut dia, dari 986 kegiatan yang telah diagendakan tersebut, sebanyak 126 kegiatan di antaranya merupakan kegiatan fisik. Sedangkan sisanya 860 kegiatan merupakan kegiatan nonfisik.

Kegiatan-kegiatan tersebut di antaranya peningkatan kapasitas pengelolaan pendidikan, peningkatan kapasitas pengelolaan kesehatan, peningkatan daya perekonomian daerah, dan percepatan penanggulangan kemiskinan. Selain itu, kegiatan peningkatan pelayanan publik serta peningkatan infrastruktur kota untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup daerah setempat.

Maidi menjelaskan, sejumlah pelelangan proyek dari kegiatan tersebut juga sudah dibuka sejak tanggal 27 Januari 2017. Pihaknya berharap dengan dibuka pelelangan proyek awal tahun, maka semua kegiatan proyek bisa dikerjakan tepat waktu sesuai jadwal. “Dengan tepat waktu tersebut, diharapkan pula penyerapan anggaran bisa maksimal untuk kesejahteraanmasyarakat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, masyarakat juga bisa memantau dan terlibat dalam pengawasan pembangunan. Hal itu dilakukan dengan ada aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP). Dari aplikasi tersebut, masyarakat bisa mengetahui pengadaan barang dan jasa yang akan dilaksanakan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Madiun. Selain itu, masyarakat juga bisa mengetahui rencana kinerja di setiap OPD melalui perjanjian kinerja yang sudah disepakati kepala OPD.

“Dengan ada peran masyarakat, bisa menjadi bahan kontrol dalam pelaksanaan pembangunan. Hal tersebut tidak lain mewujudkan Kota Madiun lebih baik dan sebagai wujud keterbukaan informasi publik,” tutur Maidi.

Ant

Berita Lainnya...