Edisi 07-02-2017
Booming di Medsos, Kali Bandon Dipadati Wisatawan


KENDAL – Kali Bandon yang berada di Dusun Krapayaan, Desa Purwokerto, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal, mendadak dikunjungi banyak wisatawan.

Tempat yang memiliki panorama persawahan dan puluhan pohon akasia ini menjadi daya tarik sendiri. Keindahan Kali Bandon tersebut tersebar melalui media sosial dalam beberapa waktu terakhir sehingga banyak orang penasaran untuk mengunjunginya langsung. Para pengunjung bisa menikmati keindahan Kali Bandon dengan naik kasur angin atau laybag, rakit, sambil berfoto sesuka hati. Koordinator Pengelola Desa Wisata Rawa Blandon Syarif Hidayatullah mengatakan, meski belum resmi dibuka, objek wisata itu setiap hari dipadati pengunjung.

Panjang sungai sekitar 600 meter dengan lebar delapan meter dan kedalaman antara 1–1,5 meter. “Gagasan menjadikan sungai sebagai objek wisata ide dari Bupati Kendal Mirna Annisa yang datang beberapa waktu lalu. Bupati melihat keindahan sungai dan menghendaki bisa dikembangkan menjadi objek pariwisata,” katanya kemarin. Untuk masuk ke objek wisata Kali Bandon, pengunjung dikenakan biaya yang sangat terjangkau. Tarif parkir kendaraan hanya Rp2.000 dan tiket masuk lokasi Rp2.000 per orang.

Di dalam lokasi, pengunjung bebas melakukan foto-foto. Jika ingin menaiki laybag, pengunjung cukup mengeluarkan Rp5.000 per orang dan naik rakit Rp10.000perjam. Pada hari biasa rata-rata pengunjung mencapai 200 orang dan meningkat pada akhir pekan serta libur nasional. Saat itu pengunjung bisa mencapai antara 500– 1.000 orang. “Senin–Sabtu kami buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00 WIB. Sementara Minggu dan hari libur nasional buka pukul 07.00–18.00 WIB. Kami juga menyiapkan pemandu bagi pengunjung yang ingin menaiki laybagataupun rakit,” lanjutnya.

Fikri Sini Syifa, 19, seorang mahasiswi UIN Walisongo Semarang mengaku datang ke Kali Bandon lantaran penasaran karena ramai di media sosial. “Ini cukup kreatif, memanfaatkan alam. Saya kira ini menarik untuk mereka yang muda-mudi, terutama yang suka selfie. Unik dan menarik,” katanya.

Wikha setiawan

Berita Lainnya...