Edisi 07-02-2017
Antam-PT Pos Targetkan Jual 1 Ton Emas


MALANG– PT Aneka Tambang (Antam) menggandeng PT Pos Indonesia (Persero) untuk mendongkrak penjualan. Dari kerja sama ini, PT Antam menargetkan penjualan satu ton emas selama 2017.

“Secara nasional kami menargetkan penjualan tahun 2017 mencapai 10 ton. Dari kerja sama dengan PT Pos, kami berharap bisa menjual hingga satu ton,” ujar Direktur Utama PT Antam (Persero) Tbk, Tedy Badrujaman dalam peluncuran kerja sama di Kantor Pos Malang, kemarin. Dalam kerja sama ini, PT Pos Indonesia akan menjual emas batangan produksi PT Antam mulai ukuran 5 gram hingga paling berat 50 gram. Tedy mengungkapkan, kerja sama merupakan bagian dari strategi pemasaran untuk menjangkau masyarakat lebih luas, khususnya mereka yang ingin berinvestasi emas.

“Melalui pembelian emas, masyarakat bisa berinvestasi untuk jangka panjang,” katanya. Pada tahap pertama, sebanyak 109 kantor pos dilibatkan dalam penjualan emas PT Antam yang tersebar di Pulau Jawa, Pulau Madura, Pulau Bali, dan Nusa Tenggara. Kantor pos tersebut akan melayani pembelian, penyediaan fasilitas penjualan, pembayaran, dan distribusi emas produksi Antam. “Pastinya, kami akan lakukan perluasan area ke kantor pos lainnya,” ujar Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero), Gilarsi W Setijono.

Dengan jaringan kantor pos yang luas, Gilarsi optimistis penjualan emas Antam akan terkerek. Masyarakat yang ingin berinvestasi emas dengan mudah bisa menemukan kantor pos tanpa harus ke PT Antam. Selain itu, penjualan juga akan didukung sistem operasional berbasis teknologi informasi dengan tingkat keamanan tinggi. Sementara itu, Kepala Kantor Pos Malang, Dadang Budi Ganjaran, menyatakan telah siap memberikan pelayanan penjualan emas, baik petugas maupun perangkat telah dipersiapkan secara baik.

Dari hasil uji coba, masyarakat telah bisa menikmati layanan transaksi pembelian emas batangan dengan mudah. Masyarakat tinggal memesan kepada petugas jaga lalu dibuatkan daftar pemesanan secara online. Pembayaran bisa dilakukan langsung ke loket kantor pos dengan batas waktu hingga pukul 17.00 WIB setiap hari. “Apabila sampai batas waktu tersebut tidak dibayar, pemesanan akan hangus,” kata dia.

Emas batangan yang sudah dilunasi pembayarannya akan dikirim dari Jakarta melalui paket pos express dengan waktu pengiriman sekitar dua hari. Pembeli akan diinformasikan bila emas telah datang dan bisa mengambilnya di kantor pos. “Untuk sementara belum ada layanan pengantaran paket langsung ke alamat rumah konsumen karena faktor keamanan. Di kantor pos kami juga menyediakan layanan penyimpanan emas,” kata dia.

Yuswantoro


Berita Lainnya...