Edisi 07-02-2017
Gamelan Kuno Masih Tersimpan Sangat Baik di Dusun Bojong


Keberadaan seni ronggeng gunung masih saja menjadi perdebatan antara Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran.

Kedua kabupaten ini saling mengklaim hak paten kepemilikan seni tradisi itu. KORAN SINDO berhasil menemui Aki Ceceng, 67, salah satu juru kunci Situs Keramat Jambu Handap yang berlokasi di Dusun/Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, sebagai pemilik seperangkat perlengkapan kesenian ronggeng gunung. “Perlengkapan ronggeng gunung ini merupakan peninggalan dari pencipta kesenian yang bernama Nyi Mas Bageum,” kata Ceceng.

Waktu itu, keseniaan ronggeng gunung dipimpin oleh Ki Raksa Dipa yang sekaligus menjadi pemain kendang pada 1.200 Masehi. “Kesenian ronggeng gunung tertuang dalam Babad Jambu Handap yang dituangkan pula pada sebuah kitab yang ditulis menggunakan tulisan Sunda Pegon oleh tiga tokoh, di antaranya Sabda Jaya atau Eyang Gedeng Mataram, Embah Sangupati dan Embah Sutapati,” tambahnya. Kitab yang terbuat dari bahan kertas kapas dengan tinta dari buah harendong dan penanya dari sulangkar itu biasa disebut Sejarah Keramat Jambu Handap yang diberi nama Kitab Damar Wulan atau Kitab Aji Saka.

“Kesenian ronggeng gunung tertuang di kitab ini dan perangkat perlatan saat ini masih ada di kami diwariskan secara turun temurun oleh leluhur kami,” paparnya. Ceceng menjelaskan, perlengkapan seperangkat alat tersebut, di antaranya goong beunde 1 unit; bonang ketuk 3 penclon, di antaranya boning barang dengan nada da, paneulu dengan nada na dan beum dengan nada ti.

“Selain perangkat peralatan kesenian tersebut perlengkapan pakaian yang digunakan oleh Nyi Mas Bageum juga masih ada, di antaranya dodot samping seperti ikeut, sarung, karembong, kabaya dan sampur,” jelas Ceceng. Ceceng menegaskan, hak paten kepemilikan status ronggeng gunung merupakan kesenian tradisional asli yang lahir di wilayah Pangandaran karena secara historis dan fakta sejarah masih ada di Pangandaran.

Syamsul Ma’arif
Kabupaten Pangandaran

Berita Lainnya...