Edisi 07-02-2017
Ledakan Keras Diduga Bom Gegerkan Warga Kuningan


KUNINGAN – Sebuah ledakan keras diduga berasal dari bom rakitan terjadi di permukiman padat penduduk di RT 01 RW 01, Dusun Kliwon, Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Minggu (5/2) sekitar pukul 20.00 WIB.

Menurut keterangan Sutri, 54, ledakan yang terjadi di halaman rumahnya tersebut sangat keras dan menimbulkan guncangan seperti gempa bumi hingga membuat seisi rumahnya bergoyang. “Sepulang dari masjid setelah salat isya berjamaah saya langsung istirahat karena merasa kurang sehat. Namun, baru saja beberapa menit saya tertidur, tiba-tiba saya mendengar suara dentuman sangat keras dan seisi rumah seperti lemari dan perabotan lainnya bergetar keras mirip gempa,” ungkapnya, kemarin.

Sutri yang tinggal seorang diri itu mengaku sangat kaget saat mendengar suara ledakan tersebut dan langsung terbangun serta bergegas pergi ke dapur. Awalnya dia mengira ledakan tersebut berasal dari kompor gas miliknya yang meledak. Namun, saat tiba di dapur dia mendapati kompor berikut tabung gasnya masih utuh. Sutri pun makin kaget setelah mendengar kegaduhan warga sekitar dan kepulan asap putih yang membumbung tinggi memenuhi halaman rumahnya.

“Ketika saya tanya kepada tetangga yang sudah berkumpul di depan rumah, mereka mengatakan telah terjadi ledakan seperti petasan namun suaranya kencang dan mereka sedang mencari darimana asal suara itu,” ungkapnya. Tidak berapa lama, kata Sutri, warga pun akhirnya menemukan benda seperti paralon yang didalamnya dipenuhi kabel dan benda-benda semacam paku serta serbuk. “Setelah menemukan benda yang diperkirakan penyebab ledakan, Kepala Dusun Kliwon Yosep langsung membawa serta melaporkannya ke pihak Polsek Jalaksana,” katanya.

Peristiwa tersebut dibenarkan Babinsa Desa Manis Kidul Sertu Dedi yang datang ke tempat kejadian dan langsung melakukan pemeriksaan bersama anggota Polsek Jalaksana dan Tim Inafis Polres Kuningan. “Memang benar telah terjadi ledakan di halaman rumah Sutri sekitar pukul 20.00 WIB dengan suara yang ditimbulkan hingga mencapai radius 300 meter. Ledakan itu pun menyebabkan dinding dan kusen jendela rumah Sutri sedikit bolong bolong serta terkelupas,” terang Dedi.

Dan setelah dilakukan olah tempat kejadian perkara (tkp), sebut Dedi, ditemukan sebuah pipa besi sepanjang 25 cm dengan lilitan kabel berwarna hitam menempel pada pipa tersebut dan bagian ujungnya terdapat bekas pecah karena ledakan. Sementara itu, Kapolsek Jalaksana AKP Reynaldi yang berada di tempat kejadian bersama Tim Inafis Polres Kuningan memilih bungkam.

Dia enggan memberikan keterangan serta menganjurkan KORAN SINDO mengonfirmasi langsung Kapolres Kuningan AKBP M Syahduddy. Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan, ledakan tersebut diduga berasal dari bom pipa. “Dugaan sementara itu bom pipa,” ujar Yusri saat di konfirmasi melalui pesan singkat, kemarin. Dikatakannya, dugaan tersebut dikuatkan dengan temuan hasil olah tkp oleh jajaran kepolisian setempat.

“Setelah dilakukan cek tkp ditemukan satu pipa besi sepanjang lebih kurang 25 cm dan pada ujungnya ada bekas pecah karena ledakan serta lilitan kabel berwarna hitam menempel pada pipa tersebut,” katanya.

Yudi r sudirman/ agung bakti sarasa

Berita Lainnya...