Edisi 07-02-2017
Ditargetkan Diikuti 1.500 Peserta


MAGELANG – Batalyon Armed 3/105 Tarik Dam IV/Diponegoro Nagapakca Magelang, akan menggelar lomba lari bertaraf nasional bertajuk Nagapakca Challenge 10K pada, Minggu (5/3) mendatang.

Lomba ini digelar dalam rangka untuk memperingati HUT ke-65 Batalyon Armed, sekaligus memasyarakatkan lari bagi warga. Selain itu, nantinya warga masyarakat yang mengikuti bisa melihat secara langsung persenjataan maupun peralatan tempur lainnya. Komandan Batalyon Armed 3/Nagapakca Mayor Arm Reno Triambodo mengatakan, lomba ini selain untuk memeriahkan Hari Jadi ke-65 Armed yang jatuh pada 11 Februari, juga untuk mendekatkan diri antara TNI dengan warga masyarakat luas.

Hal ini dilakukan sehingga kemanunggalan TNI dan rakyat bisa terwujudkan. “Kami nantinya juga akan mengundang sejumlah komunitas yang ada di Magelang untuk meramaikan kegiatan tersebut. Kami ingin kegiatan yang akan dilangsungkan baru pertama bisa berlangsung dengan sukses,” kata Reno dalam jumpa pers di Markas Batalyon Armed 3/105 Tarik Dam IV/Diponegoro Nagapakca Magelang, kemarin.

Adapun salah satu yang dilangsungkan untuk memeriahkan HUT ke-65 Armed dengan lomba lari, kata Reno, lari saat ini sedang ngetren dan banyak penggemarnya. Hal ini bisa dilihat dari munculnya kembali para pencinta olahraga lari, kemudian ditandai pula keberadaan di setiap daerah memiliki klub lari yang anggotanya banyak.

“Untuk di lingkungan Kodam IV/Diponegoro, baru kami yang akan mengadakan lomba lari ini. Harapan kami, dalam lomba ini nantinya masyarakat sipil yang banyak menjadi pesertanya,” kata Reno. Sementara itu, Ketua Panitia Nagapakca Challenge 10K Lettu Arm Sudarmono Wira mengatakan, lomba ini akan menempuh rute yang cukup menantang sepanjang 10 kilometer.

Nantinya lomba yang mengambil start dan finish di Batalyon Armed 3 akan dimulai pukul 06.00 WIB. “Selain untuk memeriahkan HUT ke-65 Armed, juga bisa mendekatkan antara TNI dan warga masyarakat. Saat ini sudah ada yang mendaftarkan, untuk peserta tertua yang mendaftar kelahiran 1942,” kata Reno. Manager Lebah Lebih Production Alex Fajar mengatakan, lomba ini menargetkan jumlah peserta sebanyak 1.500 orang dengan kategori umum pria, umum wanita dan TNI/- Polri.

Nantinya untuk podium 1, 2, dan 3 akan diberikan hadiah masing-masing Rp5 juta, Rp3 juta, dan Rp 2 juta serta bingkisan sponsor dan door prize . Adapun rute yang bakal dilewati yakni melewati lokasi dengan pemandangan alam yang sangat memesona, baik berupa persawahan, sungai, dan pemandangan Gunung Sumbing.

“Dalam lomba ini ada tantangan, jalan yang sempit, melewati rute berlumpur dan melewati pinggir sungai. Kemudian, bagi pelari yang tiba di finish sebelum pukul 08.30 WIB mendapatkan medali. Ada pun jumlah pendaftar sampai sekarang mencapai ratusan yang berasal dari Yogya, Semarang, Bandung, Solo, Pasuruan, Kediri, Makassar, dan lainnya,” kata Alex Fajar.

eko susanto




Berita Lainnya...