Edisi 07-02-2017
Kasus Dragon Chili Tak Jadi Diproses Polisi


PURWOREJO – Kasus benih cabai dragon chili atau highbro yang positif mengandung bakteri Erwinia chrysanthemy tak jadi diproses oleh polisi.

Kini penanganan kasus tersebut dipegang Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Jawa Tengah. Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Jawa Tengah sudah men jatuhkan sanksi kepada pembawa benih cabai dragon chili atau highbro yang positif mengandung bakteri Erwinia chrysanthemy. Pembawa bibit asal Yog - yakarta, Muh Ajie Tar miji diakui oleh pihak karantina sudah dilakukan pihak berita acara perkara (BAP) atas be nih cabai asal China itu.

“Saudara Ajie sudah kami BAP dua kali, pertama pada 14 Januari lalu dan proses BAP kedua pada 3 Februari kemarin,” ujar Koordinator Pejabat Fungsional Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Jawa Tengah Hery Widarta kepada KORAN SINDO kemarin. Hery mengatakan, tak ha - nya di Desa Tegalsari, Keca mat - an Bruno, Purworejo saja yang dijadikan demplot. Di Keca - matan Grabag, Kabupaten Ma - gelang, para investor juga melakukan demplot serupa. “Dia kami BAP atas laporan pihak Karantina Dilacap dan Kedua atas sampel tanaman cabai di Kecamatan Grabag, Kabu pa - ten Magelang dan di Keca - matan Bruno, Kabupaten Pur - worejo,” ungkapnya.

Investor juga sempat membawa benih dan melaporkan ke Dinas Pertanian di Yogyakarta dan Kabupaten Wonosobo. “Namun, di dua daerah itu ditolak dan tidak dilaksanakan demplot,” ujar Hery. Seusai dilakukan BAP terhadap pembawa benih cabai itu, kemudian dilakukan pembinaan dan menandatangani surat perjanjian. “Surat perjanjian itu dimaksudkan agar tidak mengulangi lagi. Kami sudah bisa memahami ketidaktahuan dia untuk harus melaporkan ke pihak karantina,” kata Hery.

Dalam prosesnya, Balai K a - rantina Pertanian sudah melakukan koordinasi dengan Dit - reskrimsus Polda Jateng untuk menyamakan satu prinsip berkait dengan pengusutan ka - susnya. Kapolres Purworejo AKBP Satrio Wibowo melalui Kasat Reskrim AKP Kholid Mawardi mengatakan, pada awalnya pihaknya memang mau mengusut kasus tersebut. Sejum - lah saksi sudah dimintai keterangan.

Hery priyantono




Berita Lainnya...