Edisi 07-02-2017
Pererat Hubungan Kekeluargaan, Bersama Tingkatkan Kualitas Pendidikan


Sama-sama bernaung dalam organisasi gerakan Muhammadiyah, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta berinisiatif mengajak Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) menjalin kerja sama.

Tak hanya untuk mempererat hubungan kekeluargaan, upaya peningkatan kualitas pendidikan dan kehidupan yang lebih luas juga bisa tercapai. Rektor UAD Dr Kasiyarno MHum mengajak para jajarannya melakukan kunjungan ke Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Selain bersilaturahmi mengunjungi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) NTB, kunjungan tersebut sekaligus untuk melihat potensi kerja sama yang bisa turut melibatkan UMMAT.

“Kunjungan ini juga ada kaitannya dengan gerakan perserikatan Muhammadiyah. Perserikatan tidak bisa berjalan baik tanpa kaumnya. Jadi kita wajib membina kebersamaan dan mewujudkan mimpi besar bersama. Termasuk dalam hal apa pun yang bisa menunjang kemaslahatan umat secara luas,” kata Kasiyarno, kemarin. Kasiyarno mengungkapkan, NTB sudah sejak lama telah menjadi “lumbung” mahasiswa bagi UAD.

Bahkan jumlah mahasiswa UAD asal NTB tiap tahunnya selalu meningkat dan menjadi daerah di luar pulau Jawa yang paling banyak mengirim mahasiswa. “Tiap tahun ajaran baru, lebih dari 300 mahasiswa baru kami berasal dari NTB. Kami juga tidak menyangka karena kami tidak melakukan promosi secara khusus di NTB. Mungkin juga karena kami memiliki cukup banyak dosen yang berasal dari NTB.

Karena ini pula kami merasa harus berkunjung ke NTB,” ucap Kasiyarno. Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) DIY ini pun mengungkapkan, dirinya sendiri merasa semakin hari semakin banyak masyarakat Indonesia yang memiliki kepedulian dan kepercayaan pun bertambah pada UAD. Untuk itu, pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas dan hubungan kerja sama dengan pihak manapun.

“Kerja sama dalam negeri maupun luar negeri selalu berusaha kami bangun. Dengan UMMAT sendiri, kami merasa bisa bersamasama melangkah membesarkan perguruan tinggi masing-masing. Bukan hanya kedekatan dengan masyarakat untuk mencerdaskan bangsa, tapi juga kami sesama Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM),” kata Kasiyarno.

Ketua PWM NTB Falahudin MAg yang menyambut kunjungan UAD pun mengatakan, pihaknya menyambut baik rencana kerja sama yang digulirkan UAD. Falahuddin pun berharap kunjungan tersebut bisa ditindaklanjuti dengan langkah nyata ke depan.

Pihaknya pun ingin juga menimba ilmu dan pengalaman yang telah dilalui UAD untuk mengembangkan kampus-kampus di bawah PWM NTB. “Kami melihat UAD mengalami kemajuan pesat beberapa tahun terakhir dalam berbagai bidang. Karena itu kami harapkan silaturahmi tak berhenti kali ini saja, namun ada kelanjutannya,” kata mantan wakil rektor UMMAT ini.

RATIH KESWARA

Yogyakarta


Berita Lainnya...