Edisi 07-02-2017
SPBU Mangkrak, Nelayan Sadeng Beli BBM di Pracimantoro


GUNUNGKIDUL - Kebijakan untuk memperhatikan nelayan dengan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) yang lebih dekat masih isapan jempol.

Begitu juga dengan upaya membangun stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) nelayan di Pantai Sadeng, Girisubo yang tidak berfungsi. Imbasnya, para nelayan harus membeli BBM dari luar provinsi, tepatnya di Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Lokasi SPBU di kecamatan tersebut dirasa paling dekat daripada harus ke Wonosari atau di Ponjong untuk pembelian BBM yang menjadi kebutuhan pokok ratusan nelayan di pantai paling timur Gunungkidul ini. Salah satu nelayan Pantai Sadeng, Ari mengatakan, para nelayan sudah lama harus membeli BBM di SPBU yang ada di Kecamatan Ponjong atau di wilayah Pracimantoro.

“SPBU ini sudah beberapa kali rusak, terakhir sudah terjadi sejak 2013 lalu, sampai sekarang tidak bisa digunakan. Akhirnya mesin pompa juga diambil,” ungkapnya kemarin. Kepala Seksi Tangkap, Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Supanto mengatakan keberadaan SPBU nelayan Sadeng memiliki masalah yang kompleks. Keberadaan fasilitas SPBU juga sangat dibutuhkan nelayan. Hanya saja dari data yang masuk, kebutuhan BBM dalam sebulan baru pada kisaran 32 kiloliter. “Jadi hitungan bisnis usahanya tidak nutup,” tandasnya.

suharjono

Berita Lainnya...