Edisi 07-02-2017
Tantangan Apoteker Semakin Kompleks


YOGYAKARTA – Tantangan profesi apoteker saat ini semakin kompleks. Tak hanya mampu memberikan pelayanan kefarmasian secara komprehensif, apoteker juga harus mampu menjadi seorang leader dalam dunia kerja bidang farmasi.

“Untukitu, programstudiprofesi apoteker (PSPA) UMY harus dapat menghasilkan apoteker yang unggul dan Islami. Dalam bidang pelayanan, apoteker juga harus bisa menjadi mitra dokter. Apoteker harus bisa menerangkan fungsi obat, cara pemakaian obat, efek samping obat serta membantu menjaga peresepan yang rasional,” kata Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan dr Ardi Pramono SpAn MP dalam launching PSPA UMY di kampus setempat, kemarin.

Ardi mengatakan, tugas sebagai pemimpin juga menjadi beban apoteker pada masa kini karena harus mampu memimpin sebuah apotek, industri farmasi ataupun instalasi farmasi rumah sakit beserta sumber daya yang terlibat di dalamnya. “Semoga dengan berdirinya PSPA ini, UMY bisa menyumbang lebih banyak apoteker andal untuk melayani masyarakat,” kata Ardi.

Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto MP berharap PSPA bisa menjadi program profesi yang bisa diandalkan UMY. “Apoteker di masa kini harus mampu menjawab secara positif tantangan dan persoalan dunia kefarmasian skala nasional maupun internasional.

Semoga para lulusan PSPA UMY dapat berperan aktif dalam pengembangan pekerjaan kefarmasian serta berwawasan luas dengan tetap menjunjung nilai-nilai ke- Islaman untuk kemaslahatan umat,” kata Gunawan. Kepala Program Studi (Kaprodi) Profesi Apoteker Nurul Maziyyah MSc Apt menjelaskan, para mahasiswa PSPA UMY akan menempuh studi selama satu tahun atau dua semester, dengan praktik kerja di salah satu dari empat instansi.

“Sistem studi selama satu tahun tersebut akan diisi dengan kuliah berbasis pada sistem blok, seperti pada prodi S-1 Farmasi dan Fakultas Kedokteran kebanyakan. Mahasiswa akan mengambiltotalenamblok, kemudian dilanjutkan dengan praktik kerja profesi apoteker di puskesmas, apotek, di rumah sakit atau Industri,” kata Nurul. Nurul menjelaskan, dalam sistem pembelajaran blok, kegiatan pembelajaran PSPA UMY terdiri dari kuliah klasikal oleh dosen internal maupun praktisi apoteker.

ratih keswara

Berita Lainnya...