Edisi 07-02-2017
Tukang Kayu Diberi Pelatihan


BANTUL – Ratusan tukang kayu asal Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, diberikan pelatihan keterampilan termasuk manajemen pemasaran oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) DIY.

Sebagai daerah dengan nilai ekspor yang cukup tinggi di DIY, pemerintah berharap pelaku usaha kecil di pedesaan mampu bersaing dengan pengusaha besar. Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mengatakan, sebagaimana diketahui di DIY masih terdapat 15 kecamatan kategori miskin sehingga pemerintah merencanakan program pemberdayaan di desa-desa melalui pelatihan.

Meski pelaksanaannya tidak harus dilakukan di lokasi yang tergolong miskin, pelatihan itu diharapkan mampu menjadi penyangga di antara kecamatan dan desa yang masuk kategori miskin. “Ini tidak ada bantuan berupa peralatan, melainkan hanya bisa memberikan keterampilan, manajemen, dan aksesibilitas,” katanya saat membuka kegiatan Pelatihan Desa Preneur di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, kemarin.

Paku Alam X mengungkapkan, bantuan itu tidak hanya pada kegiatan pelatihan. Masalah modal untuk pengembangan usaha tak kalah penting. Untuk itu, pemerintah akan bekerja sama dengan perbankan yang harapannya setelah pelatihan ini, perbankan bisa mengucurkan modal kepada pelaku usaha kecil dengan suku bunga ringan.

Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, para pengusaha kecil selama ini memerlukan tambahan informasi yang bermanfaat bagi peningkatan produk dan akses pemasaran. Untuk itu, pelatihan-pelatihan yang diberikan sangat penting karena ma-yoritas UMKM di Bantul skala usahanya kecil. “Bagaimana setidaknya dengan pelatihan, pengusaha kecil ini memperoleh informasi seperti yang dimiliki oleh pengusaha besar,” tuturnya.

muji barnugroho


Berita Lainnya...