Edisi 07-02-2017
BPBD Warning Warga Cuaca Ekstrem Hingga April


MUARABELITI-Badan Pe nanggu la ngan Bencana Daerah (BP - BD) Kabupaten Musi Rawas (Mu - r a) memberikan peringatan kepa - damasyarakat untuk antisipasi in - tensitascurahhujanyangekstrem.

Diperkirakan cuaca ekstrem yang terjadi berlangsung hingga bulan April mendatang. Kepala BPBD Mura Faisol mengatakan, saat ini kondisi cuaca sedang ber - ubah-ubah terjadi secara ekstrem. Seperti panas terik lalu hujan tiba-tiba dengan intensitas cu - rah hujan tinggi. Sehingga, ber - potensi terjadi angin puting be - liung, longsor dan banjir.

“Kita ingin beri peringatan (warning) kepada masyarakat untuk waspada dan berhati-hati dengan curah hujan yang cukup tinggi yang terjadi dengan tibatiba,” ujar Faisol di ruang kerja - nya, kemarin. Menurutnya, warga yang ber - mu kim di wilayah tebing juga di - minta waspada. Khususnya di dae r ah aliran sungai (DAS). Ka - rena, ada potensi longsor dan ban jir. Khususnya di wilayah Ke - camatan Tiang Pungut Kepum - pung (TPK) dan Tuah Negeri.

“Kita senantiasa siaga meng - antisipasi adanya bencana alam dan kejadian lainnya. Bahkan secara berkesinambungan mela - ku kan pengecekan peralatan pe - nanganan bencana,” ucapnya. Faisol juga menjelaskan, pi - hak nya senantiasa melakukan langkah antisipasi terkait keba - karan hutan dan lahan (kar hut - la), karena menjadi perhatian dari pemerintah pusat.

Bahkan, dalam waktu dekat pi haknya segera melakukan in - ven tarisasipemetaanwilayahkar - hutla. Karena penanganan kar - hutla menjadi fokus pihaknya. “Ya,cuaca ekstrem yang terja - di setiap saat diharapkan masya - rakat melakukan antisipasi. Dan, petugas tetap siaga meng anti - sipasi kasus bencana alam yang terjadi beserta peralatan pendu - kung lainnya,” ujar Faisol.

Sementara itu, anggota De - wan Perwakilan Rakyat Daer ah (DPRD) Mura Aliudin mengata - kan, dewan mengharapkan para pe tugas tetap siaga dan terma - suk sarana prasarana yang ada. “Dewan juga mengimbau pe - tugas BPBD melakukan sosiali - sasi ke warga. Sehingga, warga pa ham dan waspada terhadap ben cana alam yang terjadi secara tiba-tiba,” katanya.

hengky chandra agoes


Berita Lainnya...