Edisi 07-02-2017
Gitar Tunggal Hiasi Album Sufi Nusantara


MUARADUA– Vokalis kelom - pok pemusik muslim Sufi, De - bu, Kumaly Mustafa Daood me nyambagi Kabupaten OKU Selatan.

Tak henti-hentinya warga Oregon, Amerika Serikat yang telah menjadi WNI sejak 2011 silam ini beberapa kali memuji kebesaran Allah SWT dengan mengucapkan kalimat Masya Allah atas kekagumannya ter - ha dap keindahan alam Danau Ranau pada saat menuju ke kawasan wisata tersebut pada akhir pekan kemarin.

Mustafa yang datang ber - sama rombongan ke kawasan Danau Ranau juga diajak untuk mengunjungi Sanggar Seni Seangkon Semuakhian milik Foures Manajemen di bawah pimpinan Udo Fatien, salah satu penggiat seni di kawasan Danau Ranau, OKU Selatan. Mustafa pun langsung ter - tarik tatkala disugguhkan salah satu lagu hasil karya ma - syarakat lokal yakni seni gitar tunggal milik Kabupaten OKU Selatan.

Tak pelak ia pun langsung berkolaborasi deng - an pemimpin sanggar, Udo Fatien dan memainkan sebuah lagu bersama-sama. "Sungguh indah, lagu da - erah gitar tunggal OKU Selatan ini memiliki ciri khas yang berkarakteristik tradisional. Seni yang seperti inilah yang mesti dilestarikan dan dipel i - ha ra," ujar Mustafa kepada anak-anak sanggar tari yang menyaksikan kolaborasi ters e - but.

Alhasil, Mustafa pun me - nya takan ketertarikannya un - tuk berkolaborasi dengan Fo u - res Manajemen dan me ma - sukkan dua lagu khas daerah OKU Selatan dalam album Sufi Nusantara yang tengah ia garap, yang kemungkinan akan diluncurkan pada bulan Ra madan 2017 ini. Untuk itu, sambung Mu s - tafa, dirinya meminta kepada Udo Fatien untuk meng irim - kan sampel lagu gitar tunggal yang akan dikolaborasikan de - ngan memasukan juga unsur budaya dan sejarah OKU Sel a - tan dalam lagu tersebut.

"Nanti untuk proses re k - amannya kita lakukan di studio saya di Depok. Prosesnya seki - tar 3-4 hari. Sebelum album Sufi Nusantaraini di-launching, sebelum puasa video-video klipnya akan kita ambil di OKU Selatan," tuturnya. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata OKU Selatan, Bahdozen Hanan mene gas - kan, Mustafa ingin meng ko la - bo rasikan musik tradisional Ranau OKU Selatan dengan musik islami. Mereka ingin musik islami semakin banyak memiliki warna.

andriansyah




Berita Lainnya...