Edisi 07-02-2017
Gula Merah Berdetergen Beredar


LUBUKLINGGAU-Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau “mencium” adanya gula merah bercampur detergen asal Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, yang masuk ke wilayah Kota Lubuklinggau.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau, Idris melalui Ka - bid Permakmin Dinkes Desi Yu - nita mengatakan, temuan ini me - rupakan pemeriksaan sampling Dinkes Lubuklinggau bersama BPOM Palembang. “Dikira memang gula merah, sentranya di Lubuklinggau, ma ka - nya dilakukan sampling. Dan me - mang ditemukan adanya de ter gen terhadap gula merah asal Air Meles Curup itu.

Makanya, BPOM Pa - lembang berkoordinasi dengan BPOM Bengkulu akan temuan ter - sebut,” ungkap Desi, kemarin. Berbekal instruksi BPOM ter - sebut, pihaknya melakukan pe - nge cekan terhadap seluruh gula merah di pasaran, termasuk usa - ha rumahan di dua lokasi di Ke - lurahan Lubuk Tanjung. “Sampel terakhir sudah kami kirim awal Desember 2016 lalu, kami juga masih menunggu hasil uji laboratorium yang memang lama.

Untuk produksi Lubukling - gau aman dan rutin kita edukasi terkait penggunaan zat kimia dan campuran berbahaya, dan me - mang ada beberapa tidak produk - si lagi karena keterbatasan stok air aren,” ujarnya. Terpisah, Kasi Pelayanan dan Perlindungan Konsumen Disper - indagsar Lubuklinggau, Zon Mar - yono mengatakan, pihaknya ti - dak bisa langsung serta-merta melakukan penindakan, karena hal ini kewenangan tim terpadu.

“Di dalam tim itu ada kepoli - sian, Satpol PP termasuk juga Dinkes yang menjadi tim. Yang jelas saat ini tidak ada laporan ter - sebut di Lubuklinggau, kalau me - mang sudah ada temuan tentu akan ditindaklanjuti,” katanya.

sri prades





Berita Lainnya...