Edisi 07-02-2017
Hadirkan Layanan Dokter di Pustu


PALEMBANG– Jika sebelum - nya layanan dokter baru dapat dirasakan masyarakat di pus - kesmas saja, kini Pemkot Pa - lem bang melalui Dinas Ke - sehatan segera menghadirkan layanan dokter di setiap pus - kes mas pembantu (pustu).

Wali Kota Palembang Har - no joyo menyebutkan, saat ini tercatat 70 pustu yang tersebar di Kota Palembang, men da m - pingi 41 puskesmas yang ada. Namun memang layanan kese - hat an di sana belum maksimal karena belum aktifnya para dokter untuk turun langsung. “Mulai sekarang pelayanan dokter juga ada di pustu,” ujar - nya dalam peresmian Puskes - mas Sako dan Multiwahana Palembang, kemarin.

Dia melanjutkan, kurang lebih 20 tahun pustu tak dila - yani dokter, kendati standar pe layanan di pustu hanya dilakukan oleh perawat dan bidan. Tergerak untuk me ning - katkan pelayananlah, maka Pemkot berharap dokter dari puskesmas bisa turun ke pustu. Dengan begitu, masyarakat yang bertempat tinggal cukup jauh dari pusat kota tidak perlu lagi berobat ke rumah sakit, mengingat keterbatasan jum - lah kamar di rumah sakit.

“Jumlah dokter memang terbatas, tapi kan bisa di jad - walkan tugasnya untuk layani kesehatan di pustu. Nanti ma - syarakat harus diberi tahu harihari apa saja dokter ada di pus - tu,” imbuh Harnojoyo. Dikatakannya, puskesmas dan pustu diharapkan juga membina masyarakat untuk dapat menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Hal ini sejalan dengan program gotong ro - yong yang sudah diterapkan pemkot dalam satu tahun ter - akhir ini. “Bersih lingkungan tentu akan jauh dari penyakit. Ajak - lah masyarakat untuk sehat dengan menjaga ke bersih an diri dan lingkungan,” ungkap dia. Plt Kepala Dinkes Kota Pa - lembang, Letizia me nam bah - kan, dokter yang dimiliki oleh Pemkot Palembang saat ini sudah cukup untuk ditempatkan di 41 puskesmas.

Hanya saja, jumlah dokter tersebut ha rus dioptimalkan untuk mem bantu di pustu seperti yang diinginkan wali kota. “Jumlah dokter kita cukup, satu unit puskesmas ada dua dokter. Untuk pustu bisa kita gerakkan, tapi mungkin tidak setiap hari, akan terjadwal,” katanya. Letizia menyebutkan, baru 11 puskesmas yang sudah terakreditasi oleh pemerintah pusat.

Ke-11 ini memiliki dok - ter spesialis. Dia juga me nye but kan, se - luruh puskesmas sudah men - jadi badan layanan umum daerah (BLUD) penuh, yang artinya pengelolaan dana di ke - lola sendiri puskesmas ter se - but. “Puskesmas kini sudah man diri,” ucap dia. Sementara itu, Kepala Puskes mas Multiwahana, dr Irma mengatakan, puskesmas yang ia komandoi saat ini memiliki tiga dokter umum, satu dokter gigi, serta satu apoteker.

Tak hanya itu, Puskesmas Multi - wahana juga menyiapkan kon - sultasi secara online melalui whatsapp ke nomor 0821- 76343553 untuk mela ya ni ma - syarakat yang ingin ber kon - sultasi masalah kesehatan. Me - nu rut Irma, nantinya, akan ada dua dokter yang mengasuh pro - gram ini. “Kita buka konsultasi setiap Senin-Sabtu, pada pukul 07.30-16.00 WIB. Sebenarnya ini untuk umum, tapi kita ingin memberikan manfaat pela yan - an ini kepada pemegang ja mi n - an kesehatan yang berada di lingkungan Puskesmas Multi - wa hana,” terang Irma.

yulia savitri

Berita Lainnya...