Edisi 07-02-2017
Kurung 10 Korbannya Dalam Satu Ruangan


PALEMBANG - Kawanan pe - rampok yang berjumlah 13 orang berhasil menguras uang Rp613 juta beserta sejumlah barang-barang elektronik dari rumah korbannya, Jauhari, 50, warga Lingkungan 1, Kelurahan Gelumbang, Kecamatan Ge - lum bang, Kabupaten Muara - enim, Rabu (4/12) sekitar pukul 04.00 WIB.

S e l a i n mem bawa k a b u r uang ratusan juta, kawanan pe - ram pok ini juga berhasil mem - bawa kabur kalung emas 30 su - ku, 20 suku gelang emas, satu su - ku ka lung emas yang dipakai istri kor ban, berlian, intan, empat jam tangan merek Expedition, dan enam unit ponsel. Dari 13 pelaku, Subdit III Ja - tanras Direktorat Reserse Kri - mi nal Umum Polda Sumsel ber ha sil menangkap satu orang pe laku bernama Sugianto alias Su gi, 43, warga Dusun 6 Tri Tung gal, Desa Ben tayan, Ke ca mat an Tung kal Ilir, Kabupaten Ba nyu asin, Sabtu (4/1) sore.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil meng - amankan barang bukti berupa kalung emas se ba nyak tiga suku, se pa sang pa kai an ter sang ka saat me - rampok, dan satu unit pon sel Nokia milik korban. Bahkan, ka re - na hendak ka bur dari melawan pe tugas, ter - sangka harus dilumpuhkan dengan sebutir ti-mah panas yang bersarang di ka ki kiri tersangka.

Saat ini ter sangka meringkuk di sel ta-han an Mapolda Sumsel. Ditemui di Mapolda Sumsel, Senin (6/1), tersangka Sugi me - ngaku melakukan aksi pe ram - pokan dengan 12 rekannya yang masih berstatus daftar pen carian orang (DPO) pada Rabu (7/12/2016) sekitar pu - kul 04.00 WIB di rumah korban, Jauhari. ”Teman-teman lain ada yang bawa senjata tajam dan senjata api saat melakukan aksi ter se but,” ujar pria yang seharihari bekerja sebagai petani ini.

Saat berada di rumah kor - ban, dikatakan tersangka, diri nya bertugas mengawasi, dan 12 rekannya yang lain juga ber - bagi tugas. Ada yang bertugas mengawasi sekitaran rumah, mengawasi seluruh korban, dan menguras isi rumah. ”Kami langsung sergap penjaga rumah, dan korban lain - nya. Selanjutnya kami ikat de - ngan tali dan disekap dalam sa - tu ruangan dan kalau berteriak kami ancam akan membunuh mereka,” jelas dia.

Selanjutnya dengan leluasa ke-13 pelaku perampokan ini me nguras isi rumah korban yang diketahui sebagai pengu - sa ha ini. ”Saya mendapatkan bagian sebesar Rp19,5 juta dan satu unit ponsel. Uangnya su - dah saya pakai untuk biaya se - hari-hari,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Re - serse Kriminal Umum Polda Su msel, Kombes Pol Prasetijo di dampingi Kasubdit III Ja tan - ras, AKBP Hans Rachmatullah menjelaskan, pihaknya fokus dalam melakukan pe-nye lidikan kasus pencurian dengan ke - ke rasan di wilayah hukum Sumsel.

”Komplotan ini melakukan perampokan dengan men do - brak pintu rumah korban dan menyekap korban dalam satu ruangan dan mengancam akan membunuh korban jika me la - ku kan perlawanan,” ucap dia. Dikatakan Prasetijo, saat ini pihaknya baru menangkap sa - tu orang pelaku. Sementara 12 orang lainnnya masih dalam pengejaran.

Selain itu, iden ti - tas para pelaku sudah dikan to - ngi oleh pihaknya. ”Pelaku lain masih dalam pe - ngejaran. Untuktersangkaakan dikenakan Pasal 365 KUHP de - ngan ancaman hukuman penja - ra sembilan tahun,” tutupnya.

agus rizal

Berita Lainnya...