Edisi 07-02-2017
Mata Kiri Wahyu 80% Alami Kebutaan


MARTAPURA - Muhammad Wahyu Al-Furqon, 5, berda sar - kan diagnosa dokter menderita penyakit hidrosefalus. Bocah yang seharusnya m a - suk dalam masa-masa bermain tersebut, saat ini hanya bisa meringis kesakitan.

Wahyu menderita penyakit tersebut sejak berusia delapan bulan dalam kandungan. Wahyu yang merupakan putra dari pasangan Iswandi dan Farida, warga Bukit Mulyo, Desa Perjaya Barat, Ogan Ko - me ring Ulu (OKU) Timur, seka - rang harus menjalani peng oba - tan berkala maupun check up berjalan, karena keterbatasan biaya orang tuanya.

Kondisi Wahyu sekarang semakin memperihatinkan, karena kondisi mata sebelah kiri diperkirakan sudah 80% mengalami kebutaan. Orang tua Wahyu, Iswandi mengaku tidak bisa berbuat banyak un - tuk penyembuhan penyakit yang diderita anaknya. Terlebih jika harus mengeluarkan biaya yang banyak.

"Pada 2013, Wahyu sudah dioperasi untuk melakukan pe - masangan selang dalam kepala, sekarang setiap tiga bulan minimal satu kali harus jalani check up di RS di Palembang. Terus terang dengan biaya yang banyak, saya tidak akan mam - pu," katanya. Kadinkes OKU Timur, dr Erly Yani menambahkan, se - jauh ini belum menerima la po - ran adanya balita yang men de - rita penyakit hidrosefalus.

Tapi, pihaknya akan melakukan koor dinasi dengan pihak UPTD puskesmas untuk mencari tahu informasi tersebut. "Sejauh ini belum ada lapo - ran masuk, nanti saya coba cek terlebih dahulu. Jika benar ada, nanti kami akan mendata ter - lebih dahulu pihak keluarganya sebelummerujukbalitater se butke RS diPalembang," uj ar nya.

dadang dinata

Berita Lainnya...