Edisi 24-02-2017
Riset Kehidupan Malam


Masih ingat novel laris Jakarta Undercover karya Moammar Emka? Novel ini sudah diangkat ke layar lebar berjudul sama karya sutradara Fajar Nugros. Sebagai pemeran utamanya, ada aktor Oka Antara.

Mengingat film ini berlatar tentang kehidupan malam di Jakarta, Oka pun merasa perlu melakukan riset kecilkecilan. Aktor berusia 35 tahun tersebut mengaku tidak banyak terjun langsung ke lapangan, tetapi banyak bertanya kepada sang penulis buku.

“Riset lebih banyak bertanya sama Emka, karena dia tokoh yang menginspirasi penulis skenario menciptakan karakter Pras. Saya banyak diskusi sama Emka dan sedikit banyak cari tahu tentang kehidupan malam, tapi yang sesuai filmnya aja , sebatas itu risetnya,” ungkap pemilik nama lengkap Nyoman Oka Wisnupada Antara ini.

Selebihnya, Oka beberapa kali ber - diskusi dengan mereka yang berkecim - pung di dunia malam. Meski begitu, dia mengaku juga pernah menghadiri sebuah pesta tidak biasa di Bali. “Pengalamannya luar biasa sih , seperti (pesta) untuk umum, padahal tidak. Ada lini-lini yang nggak keliatan, jadi bingung juga ceritainnya . Tapi intinya sebuah pesta yang enggak biasa saya lihat sebelumnya,” paparnya.

Dalam film ini, Oka berperan sebagai Pras, wartawan yang melakukan reportase investigasi tentang dunia malam di Jakarta, khususnya bisnis prostitusi dan narkoba. Dalam film ini, karakternya tidak selalu putih, malah terkesan abu-abu.

(thomasmanggalla)