Edisi 24-02-2017
Membangun Bukan Bersaing


Fintech di Indonesia memang masih menjadi layanan baru. Namun kenyataannya, jumlahnya semakin banyak. Bukan bersaing, justru dengan jumlah fintech yang semakin banyak, dipercaya dapat memantapkan ekosistem dan adopsi fintech di Indonesia.

Pandangan tersebut diyakini Benedicto Haryono, co-founder Koinworks, layanan fintech dengan model bisnis peer to peer lending. “Kami ingin memberikan financing atau layanan peminjaman dana usaha yang lebih accessible dan affordable . Selain itu, sifatnya tidak hanya menyalurkan dana, tetapi juga membangun ikatan atau komunitas antara si peminjam dan pendana,” ucap pria yang disapa Ben.

Dalam sesi wawancara di Kantor Koinworks kemarin di kawasan Jakarta Pusat (Kamis, 26/1), Benedicto menjelaskan bahwa saat layanan pinjaman perbankan di Indonesia masih belum bisa menjangkau sepenuhnya masyarakat Indonesia, dengan fintech justru layanan finance dan perbankan menjadi lebih mudah dan bersahabat di telinga mereka.

“Dengan dikeluarkannya peraturan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) beberapa waktu lalu terkait fintech, kami justru bisa menjadi perpanjangan tangan untuk pihak perbankan mengedukasi layanannya ke masyarakat, bukan dianggap sebagai pesaing pihak perbankan. Masyarakat pun dipermudah, bagi si peminjam, mereka tidak perlu melalui proses screening yang ketat, tapi rumit untuk memperoleh pinjaman.

Bagi pendana pun, mereka bisa berinvestasi dengan pasti sambil mendorong pertumbuhan UKM,” beber Ben. Ben menyebutkan bahwa saat ini Koinworks bekerja sama dengan pihak ecommerce dalam menjaring UKM yang dapat memperoleh pinjaman dana, dengan alasan data perkembangan usaha mereka lebih bisa dipantau dengan mudah dan dijamin pihak e-commerce. Berdasarkan data yang diberikan Koinworks,

mulai awal Maret 2016 hingga saat ini sudah ada sekitar 5.000 user yang menjadi pendana dengan total dana pinjaman yang sudah dialirkan sebanyak Rp9,4 miliar. “Investasi dengan cara ini jauh lebih menarik dan tepat dibandingkan reksa dana. Untuk besaran return sendiri, kami menyediakan beberapa jenis tingkatan investasi.

Semakin besar return yang diinginkan, biasanya kami menyediakan jenis usaha peminjam dengan tingkatan risiko yang lebih tinggi juga. Namun, semuanya sudah dijamin aman bagi peminjam karena kami juga bermitra dengan jasa perbankan,” tutur Ben.

cahyandaru kuncorojati