Edisi 24-02-2017
Perawatan Kecantikan dengan Selai Cokelat


Selai cokelat bisa dijadikan masker wajah dan bahkan pewarna untuk rambut. Sejumlah selebriti papan atas pun dikabarkan kerap menggunakan selai cokelat dalam rutinitas perawatan kecantikan mereka.

Ide selai cokelat sebagai bahan perawatan sudah ada sejak awal 2017. Beauty vlogger mengunggah tutorial tentang penggunaan selai cokelat dalam pewarnaan rambut atau masker wajah. Namun, semakin populer semenjak munculnya kabar bahwa Kate Middleton dan sejumlah selebriti lainnya seperti Gwyneth Paltrow dan Victoria Beckham juga menggunakan selai cokelat dalam rutinitas perawatan mereka.

Dalam acara bincang-bincang This Morning , terapis kecantikan langganan Kate, Debora Mitchell, mengungkapkan ada perawatan andalan yang kerap ia gunakan untuk kliennya, yakni dengan selai cokelat. Menurut Mitchell, selai cokelat bisa digunakan sebagai masker untuk menghidrasi kulit. “Kandungan gulanya sangat baik seperti eksfoliator, kandungan asam lemaknya juga bagus untuk kulit,” ujar Mitchell seperti dilansir dari Dailymail.co.uk.

Mitchell menuturkan manfaat selai cokelat sebagai masker wajah dapat menghaluskan kulit. Dalam demonstrasinya, wajah model dipulas dengan selai cokelat di seluruh wajah. “Biarkan masker hingga kering sehingga kulit mati ikut terangkat, lalu bilas wajah dengan air,” ujar Mitchell. Mitchell menyarankan untuk mencampur selai cokelat bersama gula dan digunakan juga untuk lip balm agar bisa memuluskan kulit.

“Sekarang saya sudah benar-benar menggunakan selai cokelat di rumah dan sudah saya terapkan kepada beberapa klien saya,” kata Mitchell. Make-up artist sekaligus beauty vlogger Habiba membuat masker DIY (do it yourself ) yang terinspirasi dari selai cokelat. Pemilik akun Instagram makeupholic_moon ini membagikan resepnya melalui video yang diunggah di media sosial.

Habiba mengatakan masker wajah selai cokelat yang ia ciptakan terdiri dari bubuk kakao susu, gelatin, dan madu. Dalam video, Habiba menginstruksikan agar dua sendok susu organik dan dua sendok gelatin tawar dicampur sampai benar-benar membaur. Kemudian adonan itu dihangatkan dalam microwave selama 10 detik sebelum nantinya ditambahkan satu sendok bubuk kakao dan seperempat sendok madu.

“Setelah adonan tercampur rata, masker sudah langsung bisa diaplikasikan di wajah. Tunggu sekitar 30 menit sampai masker mengering di wajah,” ujar Habiba. Tidak seperti masker lainnya, masker ini ternyata bisa dikelupas layaknya masker peel off . Habiba pun mengatakan masker ini bisa membantu mengurangi jerawat dan meremajakan kulit.

Dia menambahkan, cokelat mengandung manfaat antipenuaan untuk membantu menghidrasi, meremajakan, dan mengencangkan wajah. “Copot secara perlahan masker. Masker akan melepaskan semua komedo hitam dan komedo putih dari kulit sehingga kulit terlihat bersinar,” kata Habiba.

Tak hanya masker, selai cokelat ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk cat rambut. Hal inilah yang dibuktikan oleh hairstylist Abdel Allahitani dan beauty vlogger Huda Kattan. Keduanya menciptakan metode baru untuk mewarnai rambut dengan menggunakan selai cokelat. Metode yang digunakan Allahitani dan Kattan terbilang sangat tidak biasa.

Kattan mencampurkan selai cokelat dan susu kental manis untuk mendapatkan warna cokelat yang lembut, serta membuat rambut tampak agak glossy. Dalam video yang diunggahnya, Kattan memperlihatkan seorang perempuan yang melakukan pewarnaan rambut menggunakan selai cokelat.

“Selai cokelat baik untuk rambut karena membuatnya lebih mengkilap. Jenis warna terang dan gelap juga bisa menentukan berapa lama ini bertahan. Jika Anda ingin warna karamel bercahaya, warna ini bisa bertahan sekitar dua atau tiga minggu,” kata Kattan. Cokelat memang terbukti bermanfaat.

Seperti dikutip dari Huffington Post, berdasarkan hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, cokelat memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kecantikan. Seperti diketahui, cokelat terutama dark chocolate kaya flavonoid dan flavonol. Dua jenis antioksidan ini berkhasiat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Sementara itu, menurut dermatolog Dr David J Goldberg MD, cokelat memiliki manfaat baik untuk kulit. Namun, belum ada penelitian khusus apakah selai cokelat betulbetul aman untuk perawatan kulit. Menurut dia, cocok atau tidaknya perawatan kulit dengan selai cokelat masih tergantung dengan jenis kulit masing-masing orang. “Sebaiknya, hindari memakai masker ini terlalu sering. Sebab selai cokelat mengandung cukup banyak gula,” ujar dr Goldberg.

dwi nur ratnaningsih