Edisi 24-02-2017
Tepat Merawat Peranti Masak


Penggunaan peranti masak elektronik yang praktis kadang membuat lupa untuk merawatnya. Alhasil, peralatan bisa bermasalah sebelum masa pakainya berakhir.

Padahal, perawatan yang tepat mampu memperpanjang umurnya, selain menghemat energi listrik. Adapun merawat tidak terbatas membersihkan secara rutin, juga menggunakan sesuai fungsinya. Ini menjadi dasar perawatan paling penting. Berikut kiat merawat beberapa alat masak.

Rice cooker

Seusai dipakai, rendam wadah rice cooker beberapa waktu dengan air. Cuci bersih, menggunakan sponge lembut (jangan gunakan sponge kasar karena dapat merusak lapisan wadah). Lap bagian dalam tutup rice cooker dengan lap lembap, buang sisa air pembuangnya, dan bersihkan tempatnya.

Kompor listrik

Bersihkan dengan lap lembap dan kering hingga sela-sela setiap kali selesai digunakan dan hindari meletakkan kompor listrik di dekat air.

Mixer

Setelah digunakan, bersihkan badan mixer dengan kain lembap. Bersihkan pemutar adonan dengan air sabun cuci hingga sela-sela. Bukalah penjepit roda gigi, lalu bersihkan dan lumasi dengan pelumas minimal setahun sekali.Masih banyak peranti masak elektronik lain. Sangat dianjurkan untuk membaca buku manual dengan cermat agar memperlakukan dengan benar dan tepat. Pastikan ada service centre dan garansi.

Blender

Setelah digunakan, tabung dan blade dicuci dengan menggunakan pembersih dan air, lalu keringkan. Untuk bagian mesin cukup dibersihkan dengan lap.

(dyah ayu pamela)