Edisi 24-02-2017
Lezat Empuk Bebek Berbumbu Kluwek


Hidangan yang satu ini memang tidak diragukan lagi kelezatannya. Bebek, yang memiliki tekstur daging berbeda dari ayam serta lemak yang membuatnya gurih saat digoreng. Bagaimana jika bebek hadir dengan bumbu kluwek bersama rempah campurannya?

Berawal dari hobi makan bebek salah satu pemilik restoran, Erik Widyan Susanto akhirnya membuka Bebek BKB (Bebek Kapahiang Babase) di kawasan Bendungan Hilir, Jalan Danau Tondano, Jakarta Pusat. Bebek di sini tentu lain dari kebanyakan bebek yang ada di sekitar Jakarta karena memakai bumbu kluwek yang tidak hanya membuat bebek menjadi empuk, tetapi juga berwarna kehitaman dan berbeda cita rasa.

Sesuai namanya, restoran ini menjadikan bebek goreng sebagai sajian utamanya. Rasa rempah gurih begitu meresap dalam daging bebek. Namun sayangnya, pencinta bebek yang digoreng garing belum dapat merasakan varian yang crispy . “Kami memang ingin buat hidangan bebek, tapi beda dari yang lain, kebanyakan kan restoran bebek membuatnya menjadi garing.

Tapi, tekstur bebek kita di sini justru empuk dan berempah, nanti ke depannya kita juga buat yang versi digoreng garing,” ungkap Erik kepada KORAN SINDO . Adapun keempukan dan bumbu yang meresap ke daging merupakan hasil proses perebusan dan marinasi semalaman saat pembuatannya. Bebek BKB diungkep dengan bumbu rempah ala Kepahiang, Bengkulu.

Berbagai campuran 17 rempah, termasuk kluwek yang harus dikeprak dan dimasak terlebih dahulu, adalah salah satu rahasianya. Tidak ketinggalan, ketika mencicipi bebek ini, ada sambal bercita rasa pedas dan kaya bumbu. Sebagai padanannya, pengunjung bisa memesan nasi putih, nasi uduk, atau nasi jepang yang pulen.

Sementara sebagai lauk tambahannya, Anda juga bisa memesan tahu atau tempe goreng. Dari segi rasa, tekstur maupun bumbu yang beda, penyuka sajian bebek tentu harus mampir ke restoran yang baru buka pada 29 Januari 2017 ini, selain untuk memanjakan lidah sekaligus bereksplorasi terhadap rasa. Berlokasi di salah satu area kuliner Jakarta, konsep yang dihadirkan Bebek BKB adalah area terbuka.

Di sudut ruangan restoran yang berkapasitas 220 tempat duduk ini terdapat papan tulis panjang dengan kapur warna-warni di meja pengunjung agar siapa pun bisa menggambar atau membuat mural. Jangan khawatir bila mengajak teman atau kerabat yang kurang suka dengan berlemaknya daging bebek.

Karena restoran ini juga menyediakan ayam goreng yang dibumbui sama menggunakan kluwek sehingga rasanya pun beda. Selain berbagai menu lain seperti sop ceker, sebagai teman makan untuk sajian berkuah. Sop ceker ini terasa lebih berkuah kaldu saja, dengan tambahan daun bawang sebagai penyedap.

Lalu, tambahan lain berupa leher bebek, soto ranjau, sayur asem, sayur taoge, hingga kangkung balacan cocok juga untuk menu sharing . Seusai menyantap berbagai menu, mulai bebek hingga soto ceker dan kangkung balacan, aneka es yang melengkapi sajian di akhir akan memberi sensasi manis di mulut. Anda bisa memilih es pisang ungu, es cendol tondano, es campur Kepahiang, es teler BKB, berikut aneka jus.

Salah satunya yang KORAN SINDO cicipi adalah es pisang ungu. Dibuat dengan lelehan sirup sebagai pemanis serta serutan es, potongan pisang kukus yang dilapisi adonan ubi ungu begitu pas menjadi makanan penutup. Segar dan manis di mulut membuat siapa saja merasa senang. Jangan khawatir dengan harga.

Restoran ini sangat terjangkau di kantong. Kisaran harganya mulai Rp10.000-Rp23.000. Untuk menyantap bebek ataupun ayam, harganya mulai Rp15.000, sementara seporsi nasi ratarata seharga Rp5.000.

dyah ayu Pamela