Edisi 23-03-2017
Pengadaan Barang Lebih Efisien dan Transparan


YOGYAKARTA – PT Aerofood Indonesia (Aerofood ACS), perusahaan yang fokus me nyediakan layanan katering premium bagi maskapai pe nerbangan, me-launching pe ngadaan barang berbasis elek tronik atau e-Procurement .

Dengan layanan bersistem elektronik ini, maka pengadaan barang pada anak perusahaan Garuda Indonesia ini akan lebih efisien dan transparan. Sebelumnya pengadaan ba - rang di Aerofood ACS hanya meng gunakan proses secara ma nual. Prosesnya menemui ba nyak kendala, seperti proses approval yang lama atau doku - men terselip. Direktur Keuangan PT Aero - food Indonesia, Ferry Toga me - ng atakan, penerapan e-Pro cu re - ment untuk memastikan pe - nga daan di Aerofood ACS ber - lang sung transparan dan pro fe - sional. “Layanan ini untuk me - minimalisasi hal yang ber pe - luang menyimpang, misalnya ber negosiasi di luar sepe nge ta - huan perusahaan,” katanya saat peresmian Go-Live E-Pro cure - ment di Kantor PT Aerofood Ja - lan Ring Road Timur, Yog ya kar - ta, kemarin.

Dikatakannya, e-Procure - ment yang digunakan berbasis cloud (komputasi awan) yang di - kembangkan PT Abyor In ter - nasional. Penggunaan ar si tek - tur berbasis cloud diyakini meng hemat biaya cukup besar. Solusi yang diimplementasikan mencakup tiga modul utama, yaitu vendor management, sourc - ing management, dan modul dash board. E-Procurement ini meru pa - kan lompatan di bidang pe nga - daan dan untuk menyongsong era teknologi. Model tersebut bi sa menangkap peluang infor - masi teknologi semaksimal mung kin, serta dapat diakses di ma na dan kapan saja.

“Kami ju - ga memilih barang sesuai spek yang diinginkan. Vendor yang ter libat lebih banyak karena bi - sa mengakses dari mana saja,” katanya. Dia mengatakan, keu ntun g - an lain dari e-Procurement ada - lah biaya operasional dapat di - ku rangi signifikan. “Karena ti - dak diperlukan lagi penyerahan dokumen fisik dan proses ad - ministrasi yang memakan wak - tu serta biaya,” katanya. Implementasi e-Procu re - ment sendiri akan me ning - katkan akses pasar dan men ci p - ta kan persaingan usaha yang adil. Semua pihak bisa me me - nu hi persyaratan menjadi mitra bisnis.

Saat ini sudah ada de la - pan dari sembilan target se lu - ruh unit Aerofood untuk me ne - rapkan e-Procurement . Presiden PT Abyor In ter - national Hari Tjahyono m e nga - ta kan, dalam era digital seka - rang ini sudah sepantasnya Aero food menerapkan e-Pro - cur e ment. Apalagi Aerofood merupakan anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia yang sudah go public . “Dalam pe nga - daannya harus transparan dan sudah dilaporkan ke publik lewat Bursa Efek Indonesia,” katanya.

Ridwan anshori

Berita Lainnya...