Edisi 21-04-2017
Dagangan Pasar Klewer Baru 25%


SOLO – Para pedagang Pasar Klewer di Ja - lan Dr Radjiman Kota Solo belum sepenuh - nya siap berjualan di hari pertama pembukaan hari ini. Saat pasar diresmikan Pres i - den Joko Widodo (Jokowi), penataan da - gangan baru mencapai sekitar 25%.

Humas Himpunan Pasar Kle - wer (HPPK) Kusbani mengaku baru beberapa pedagang yang sudah memasang partisi dan meletakkan beberapa dagang - an ke kios baru. Sebab untuk me nata dagangan, membu - tuh kan waktu sekitar satu bulan. “Rencananya perwakilan pedagang berdiri di depan kiosnya masing-masing ketika Bapak Presiden meninjau. Saat ini memang belum siap untuk buka,” ungkap Kusbani kemarin.

Para pedagang rata-rata mengalami kesulitan mencari tukang yang dapat menggarap partisi khusus toko kain. Se - mentara pedagang yang membutuhkan mencapai ribuan da - lam waktu yang bersamaan. “Ka laupun ada juga, belum ten tu bisa mengerjakan satu hingga dua hari,” ucapnya. Meski demikian, pihaknya berharap acara peresmian da - pat berjalan lancar.

Sesuai agen da, pukul 09.00 seluruh pedagang kirab boyongan dari pasar darurat di alun-alun utara Keraton Kasunanan Sura - karta menuju Pasar Klewer. Se - telah itu, Presiden Jokowi ha - dir untuk meresmikan pasar. Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan rombongan Sekretariat Kepre si - den an sudah datang untuk memastikan kesiapan venue acara seremonial peresmian. Titik pemeriksaan adalah ak - ses yang akan digunakan presiden menuju lantai dua, yakni tangga, lift dan eskalator.

Ren - cananya saat peresmian Pasar Klewer hari ini, para pedagang akan dikirab dari pasar darurat di Alun-alun Utara Keraton Solo menuju Pasar Klewer. Setelah itu, dilakukan seremonial peresmian oleh Presi - den Joko Widodo (Jokowi). Ma lam hari ini digelar pertunjukkan wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki War - seno Slenk. Rangkaian dilanjutkan Sabtu malam, yakni dengan doa bersama semua pedagang di kompleks Pasar Klewer.

Jumlah kios di Pasar Kle - wer mencapai 1.532 unit, kios renteng 137 unit, dan pelataran 765 unit. Kios untuk pedagang yang ditempatkan di area semi-basement jumlahnya 681 unit, di lantai satu 851 unit. Sementara lantai dua untuk menampung pedagang renteng yakni 137 kios, pedagang pelataran 765 los, PKL Jalan Ashari 55 los, PKL Kemasan 20 los, dan 28 kios pedagang Pasar Klewer sisi timur.

Rudy menambahkan, para pedagang Pasar Klewer bakal mendapatkan kartu retribusi elektrik (e-retribusi, kartu ke - anggotaan Badan Penye leng - gara Jaminan Sosial (BPJS) Ke - tenagakerjaan,, dan nomor po - kok wajib pajak (NPWP). Ren - cananya, kartu e-retribusi akan dibagikan mulai 1 Mei men datang. Dia berharap bangunan baru Pasar Klewer bakal me - ningkatkan omzet pedagang dan pembeli juga merasa le - bih nyaman berbelanja.

Se - lain itu, pedagang sudah tidak ada pungutan secara tunai karena retribusi memakai retribusi. “Ini penuh sejarah, kalau dua tahun lalu terbakar, kemudian dibangun dan sekarang bisa digunakan lagi,” tandas Rudy. Peresmian bersamaan dengan momentum peringatan Hari Kartini.

ary wahyu wibowo




Berita Lainnya...