Edisi 21-04-2017
Dua Pemalak Sopir Bus Pejabat Diringkus Polisi


MEDAN - Tergiur melihat bus parkir di pinggir Jalan Putri Hijau, Kelurahan Kesawan Medan Barat, dua pemalak ini diamankan polisi karena memalak sopirnya, Kamis (20/4) siang.

Kedua pemalak diketahui bernama Fadli Anggara, 36, warga Pasar 10, Lorong Paimin, Kecamatan Tembung dan Robi Mulianta Tarigan, 24, warga Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Medan Timur. Sementara dua sopir bus yang membawa rombongan pejabat itu diketahui bernama Nuryanto, 36, warga Jalan Pinang Baris, Kecamatan Sunggal dan Surya Purnama Irawan, 44, warga Jalan Rantang, Kecamatan Medan Petisah. Rombongan pejabat itu disebut-sebut anggota Komisi III DPR.

Dari kedua pemalak ini, polisi menyita barang bukti berupa 2 lembar kwitansi yang sudah tertulis masing-masing Rp20.000 disita dari korban Surya Purnama, 1 unit sepeda motor BK 5170 OP yang digunakan pemalak. Kapolsekta Medan Barat Kompol Victor Ziliwu dalam keterangan persnya mengatakan, anggotanya saat itu sedang melakukan kegiatan gatur pagi di depan hotel JW Marriot.

Ternyata anggota sudah memperhatikan kedua pelaku berboncengan naik motor menghampiri korban, Nuryanto. Saat itu, Nuryanto sedang membawa rombongan tamu menginap di hotel JW Marriot dengan bus pariwisata. Lalu pelaku meminta secara paksa uan parkir harus dibayar Rp20.000. “Pelaku Fadli mengancam korban agar uang parkir segera diberikan jika akan dipukuli.

Anggota langsung menangkap kedua pelaku. Lalu, korban atas nama Surya Purnama juga mengaku pernahdipalakkeduapelakupada Rabu (19/4) sebesar Rp20.000,” ungkap Kompol Victor. Mantan Wakasat Reskrim Polresta Medan ini lagi menyebutkan hasil lidik sementara kedua pelaku sering memalak sopir bus yang membawa rombongan tamu yang menginap di hotel JW Marriot.

“Fadli Anggara adalah seorang residivis baru bebas dua bulan yang lalu dari Lapas Tanjung Gusta atas vonis hukuman 6 bulan penjara dengan kasus senjata tajam,” tutur Kompol Ziliwu. Pelaku Fadli Anggara saat berada di Polsekta Medan Barat mengaku sudah sering memalak para supir bus saat parkir di depan hotel JW Marriot.

“Sudah sering pak kami memalak sopir bus pariwisata di depan hotel JW Marriot. Cuma Rp20.000 nya pak kami minta sama sopir bus itu. Tapi pas minta langsung ditangkap polisi. Di tempat lain enggak pernah pak, cuma disini (Jalan Putri Hijau) saja,” tutur Fadli.

dody ferdiansyah

Berita Lainnya...