Edisi 21-04-2017
Dua Spesialis Jambret Tersungkur


PALEMBANG- Aparat kepoli - sian sudah tak mau ber kom - promi lagi dengan maraknya aksi kejahatan. Bahkan, pe - tugas tak segan menindak tegas para pelaku yang nekat melakukan perlawanan.

Seperti yang terjadi pada Aldo, 28, dan Firman, 29. Dua spesialis penjambretan ini langsung tersungkur setelah aparat Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) Satreskrim Polresta Palembang menghadiahi ti - mah panas di masing-masing kaki tersangka, kemarin. Kanit Tekab Satreskrim Polresta Palembang, Ipda Da niel Dirgala mengatakan, pe nang - kapan tersebut berawal dari pengaduan masyarakat terkait maraknya aksi penjam bretan yangterjadidise panjangJalanKH Azhari, Palembang.

Dari pengaduan itu, tim Tekab langsung melakukan penyelidikan dan pengintaian. Saat pengintaian itu, secara kebetulan petugas memergoki aksi dua tersangka yang ter catat sebagai warga Jalan DI Panjaitan, Lorong Tembok Batu, Kelurahan Plaju Ilir, Ke camatan Plaju, saat sedang melakukan aksinya terhadapkorbanDoniOsmon, 30, wargaJalanAhmadYani.

"Mereka ini beraksi berdua dengan menggunakan sepeda motor. Saat itu secara tak se - ngaja memergokinya dan lang - sung melakukan penge jaran," kata Daniel. Rupanya kedua tersangka tak mengetahui jika aksinya dipergoki polisi yang berpa - kaian preman tersebut. "Saat mereka berhenti, anggota langsung melakukan penyergapan. Namun karena keduanya melakukan per lawanan, terpaksa kita beri tin - dakan tegas," terangnya. Saat ini, kata Daniel, kasus penjambretan ini masih akan dilakukan pengembangan.

"Dugaan kita, kawanan ini memang kerap melakukan aksi penjambretan di kawasan ter - sebut. Namun untuk me - mastikannya masih akan kita dalami lagi," tuturnya. Sementara itu, korban Doni Osmon yang saat itu melapor ke Mapolresta Palembang mengatakan, penjambretan yang dilakukan tersangka ber - langsung di salah satu bengkel las di Jalan KH Azhari tem patnya bekerja.

Saatitupelakumerampas tas yang berisikan uang, ponsel, sertasuratpenting. "Tas milik saya digantung di dinding bengkel. Saat saya sedang buang air kecil, para pelaku ini datang dan langsung mengambil tas saya, kemudian langsung kabur," imbuhnya. Meski sempat melakukan pengejaran, namun hal itu siasia lantaran kehilangan jejak.

"Saya kemudian langsung lapor ke polresta dan ternyata pelaku sudah ditangkap," tim - palnya. Sedangkan tersangka Fi r - man mengaku baru satu kali melakukan aksi penjambretan tersebut. Menurutnya aksi itu atas ide bersama-sama. "Baru kali ini menjambret. Rencananya buat makan tapi justru tertangkap,ide jambret ini juga sama-sama. Tidak ada yang mengajakdandiajak," tandasnya.

adi haryanto



Berita Lainnya...