Edisi 21-04-2017
Olah TKP Singkat


TIM Paminal Polda Sumatra Selatan dan Polres Lu buk ling - gau melakukan olah tempat ke - ja dian perkara (TKP) kasus pe - nembakan mobil Honda City dengan nomor polisi BG 1488 ON oleh oknum anggota polisi, sekitar pukul 13.00 WIB, kemarin.

Pantauan di lapangan, pro - ses olah TKP dilakukan di be be - ra pa titik seperti awal kejadian lalu lokasi penembakan. Bah - kan, di setiap lokasi, tim hanya me lakukan pemeriksaan seben t ar dan kurang dari lima menit. Bahkan karena terburu-bu - ru, salah satu mobil iring-iring - an tim olah TKP setelah dari titik lokasi razia menuju ke TKP penembakan sempat menye - rem pet salah satu pengendara sepeda motor saat melintas di Jalan Latper, Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, tepatnya di depan Pon - pes Ar-Risalah. Kejadian itu menyebabkan pengendara motor terjatuh.

Sayangnya, mobil tersebut tetap melaju mengiku ti tim olah TKP tanpa mem - per hatikan kondisi korban. Pelaku penembakan, Brig - pol Kalingga saat olah TKP me - nge nakan baju kaos hitam dan memakai sebo (penutup muka dan kepala) bersama tim polda dan polres hanya memarkirkan mobil di dua TKP. Pertama di titik razia di depan SMA Negeri 5 Lubuklinggau dan TKP pe - nem bakan di Jalan HM Soeharto.

Di dua TKP ini, tim olah TKP ter li hat hanya sebentar meng - hen tikan mobil dan berbincang di dalam mobil sekitar lebih ku - rang dua menit, kemudian kem - bali ke Mapolres Lubuklinggau. Olah TKP pertama dilakukan di Mapolsek Lubuklinggau Timur I, di mana menjadi tem - pat pelaksanaan APP giat 21 oleh Kapolsek Lubuklinggau Timur I, kemudian lokasi kedua di Jalan Fatmawati Soekarno depan SMA Negeri 5 Lubu k linggau, dan TKP ketiga lokasi pe - nembakan.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Hajat Mabrur Bujangga saat dikonfirmasi menegaskan, bahwa olah TKP merupakan tindakan-tindakan untuk pro - ses penyidikan dan sesuai de - ngan tahapan dan prosedur. Ditanya mengapa proses olah TKP hanya sebentar dan hanya sekitar dua menit di TKP, kapolres tidak memberikan penjelasan yang mendetail.

“Kenapa (hanya sebentar), nan - ti secara teknis ada aturan seca - ra prosedural yang berlaku,” ja - wab Hajat. Untuk rekonstruksi kasus ini, kapolres menerangkan, akan dilakukan di Mapolda Su - matra Selatan yang jad wal nya masih dirahasiakan.

sri prades

Berita Lainnya...