Edisi 21-04-2017
PKL Sutomo Kembali Ditertibkan


MEDAN– Tim penertiban Pemko Medan kembali menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Sutomo dan sekitarnya. Kalau biasanya penertiban dilakukan dini hari, kini dilakukan pada pagi hari.

Hal ini dilakukan dikarenakan tim penertiban terdiri dari Satpol PP Kota Medan, kepolisian, TNI, dan instansi lainnya melihat PKL yang berjualan semakin licik. Para PKL berjualan pada pagi hari, tidak lagi dini hari. Inilah yang membuat tim melakukan penertiban pada pagi hari. Kemarin, hasilnya cukup memuaskan. Sejumlah pedagang yang nekat berjualan mulai pagi hari di kawasan tersebut berlarian menyelamatkan barang dagangannya, Kamis (20/4).

Para pedagang terkejut penertiban dilakukan pagi hari. “Waktu penertiban sengaja diubah karena masih pedagang yang membandel berjualan mulai pagi hari sampai siang hari. Inilah kami tertibkan. Jadi, untuk mengantisipasi mereka berjualan kembali. Penertiban dilakukan mulai pagi hari,” kata Kasat Pol PP Kota Medan, Muhammad Sofyan.

Diakuinya, selama penertibanyangsudahberjalanselama seminggu ini sudah membuahkan hasil. Jumlah PKL yang berjualan di kawasan itu semakin minim. Untuk itu mereka terus berupayamaksimaluntukmembersihkan kawasan tersebut dari PKL dan fungsi kawasan itu semakin akses umum bisa dikembalikan seperti semula. “Penertiban dengan waktu yang berubah-ubah ini akan terus dilakukan sampai para pedagang mengikuti ketentuan peraturan yang berlaku di kota ini atau dengan kata lain mereka harus pindah lokasi berdagang yang dibenarkan peraturan,” tambahnya.

Minimnya PKL yang berjualan di kawasan itu disebabkan barang dagangannya takut ditertibkan. Selain itu, mereka mulai merasa tidak nyaman berjualan karena ditertibkan. Bahkan, tidak sedikit PKL yang datang kepadanya menyatakan keinginan untuk pindah lokasi berdagang, tetapi tidak tahu mau berdagang di mana. Untuk itu dirinya mempertemukan dengan pihak PD Pasar Medan untuk menindaklanjuti keinginan pedagang tersebut.

“Saya sudah pertemukan dengan Dirut PD Pasar (Rusdi Sinuraya) untuk membicarakan masalah ini. Mengingat, PD Pasar sudah menyediakan lokasi berjualan di pasar tradisional maupun di Pasar Induk, Lau Cih,” pungkasnya. Sementara itu, Dirut PD Pasar Medan Rusdi Sinuraya mengungkapkan, pihaknya telah menyediakan sejumlah pasarpasar tradisional yang mereka kelola untuk menampung para PKL di Jalan Sutomo dan sekitarnya, termasuk Pasar Induk.

Kapasitas pasar tradisional yang mereka kelola dinilai masih cukup menampung para PKL tersebut. Sebab, masih banyak lapak berjualan yang kosong. “Kami sangat senang mereka mau pindah ke tempat yang lebih layak. Kami akan siapkan pasar tradisional yang kami kelola. Lapaknya cukup. Mereka tinggal pilih mana yang mereka mau. Selanjutnya diurus administrasinya. Termasuk di Pasar Induk, Lau Cih juga tidak ada masalah. Lapaknya masih banyak yang kosong,” tandasnya.

reza shahab


Berita Lainnya...