Edisi 21-04-2017
PPAD Komitmen Tak Berpolitik Praktis


YOGYAKARTA – Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) DIY bertekad bisa memberi masukan konstruktif untuk Pemda DIY serta memberi rasa aman bagi warga DIY. Untuk itu, mereka komitmennya tak akan berpolitik praktis.

Penanggung Jawab Musyawarah Daerah III PPAD DIY Kolonel (Purn) RM Aning Sunindyo menyatakan, PPAD merupakan wadah murni bagi para purnawirawan TNI AD dalam berkegiatan. PPAD ingin menunjukkan netralitasnya dalam bermasyarakat. Aning mengaku sudah dilamar banyak parpol untuk diajak bergabung. Namun dia menyatakan komitmennya untuk tidak terjun ke politik.

“Syarat menjadi anggota PPAD tidak boleh menjadi anggota partai politik. Kita netral, perjuangan kita tidak dilatarbelakangi ambisi,” katanya di sela-sela Musda III di Yogyakarta, kemarin. Dia menegaskan, PPAD DIY akan terus memberi masukan kepada pemerintah, terutama dalam kaitan mempertahankan NKRI dalam menghadapi politik pecah belah. “Sekarang bukan perang terbuka, tetapi perang tertutup. Melawan teroris dan separatis,” ungkapnya.

Mantan penerbang TNI AD ini menilai, saat ini kondisi politik cukup bagus. Kondisi ini harus terus dijaga. “Kalau tidak kita bisa terpecah. PPAD hadir tujuannya masih bisa mendukung pemerintah,” kata dia. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X saat membacakan sambutan, mengapresiasi pelaksanaan Musda PPAD III bertema mempertahankan NKRI.

“Karena ulah sejumlah oknum pejabat negara yang tergiur melakukan korupsi, tidak mampu menahan diri menambah deretan ancaman bagi pertahanan dan pelestarian NKRI,” katanya. Sultan berharap anggota PPAD DIY senantiasa merapatkan barisan, bekerja keras menjalankan program. Sultan percaya, meski anggota PPAD sudah tidak gagah lagi berpenampilan, tetapi masih tetap gigih dalam bekerja dan berkarya.

“Saya yakin anggota PPAD DIY semasa masih aktif merupakan orang pilihan dan teruji,” ungkapnya. Raja Keraton Yogyakarta ini berharap, PPAD DIY mampu membangun kerja sama eksternal dan internal maupun kemitraan dengan berbagai elemen bangsa. “Sekaligus ikut menciptakan dan menjaga suasana DIY tetap adem, ayem, dan tentrem,” tandasnya.

ridwan anshori





Berita Lainnya...