Edisi 21-04-2017
Pentas Seni Budaya Kembali Digelar


MEDAN– Dinas Pariwisata Kota Medan kembali menggelar pentas seni dan budaya pada Sabtu (22/4) malam. Kegiatan ini merupakan lanjutan tahun lalu yang lebih dikenal sebagai panggung hiburan rakyat.

Lokasi perhelatan tetap seperti tahun lalu, yakni di seputar Lapangan Merdeka, tepatnya di Jalan Pulau Penang. Tujuan kegiatan ini untuk melestarikan seni dan budaya seluruh etnis di Kota Medan. Plt Kadis Pariwisata Kota Medan Budi Hariyono mengungkapkan, untuk penampilan perdana tahun 2017, seni budaya yang ditampilkan dari etnis Melayu.

Budi mengimbau warga Kota Medan yang haus akan seni dan budaya Melayu bisa hadir bersama keluarga. “Rencananya Pak Wali (Dzulmi Eldin) hadir sekaligus membuka perhelatan yang direncanakan menjadi ikon Kota Medan ini,” ucap Budi, Kamis (20/4). Dia beserta jajarannya ingin membuat suatu kegiatan untuk masyarakat Kota Medan berupa penampilan seni dan budaya seluruh etnis.

Selain ingin mengobati kerinduan akan seni dan budaya tradisional, Budi juga ingin panggung hiburan rakyat bisa mengangkat kembali semangat pelaku seni di Medan. Kegiatan ini akan dilaksanakan setiap Sabtu malam dengan menyungguhkan atraksi seni dan budaya seluruh etnis yang ada di Kota Medan. Selain atraksi seni, kegiatan ini juga diselingi dengan cerita rakyat, pemutaran film, kuliner tradisionalm maupun cinderamata khas etnis Melayu hasil kreasi para perajin UMKM.

“Kami akan selipkan malam urban yang menjadi wadah bagi komunitas anak muda di Kota Medan untuk menampilkan kreasinya. Insya Allah, kali ini lebih baik dari tahun lalu. Pokoknya pengunjung puaslah. Dinas terkait juga sudah menyatakan kesiapannya,” ucapnya. Wali Kota Medan Dzulmi Eldin berharap kegiatan tahun ini harus lebih baik dan semarak lagi dari tahun sebelumnya.

Karena itu, dirinya minta kepada seluruh SKPD terkait harus bertanggung jawab dan mendukung sepenuhnya kegiatan seni dan budaya ini sehingga menjadi kalender kegiatan yang layak dijual. “Penyelenggara juga harus mengemas kegiatan ini dengan elegan sehingga menjadi sebuah pertunjukan yang dapat mengobati kerinduan warga akan kampung halamannya,” kata dia.

reza shahab


Berita Lainnya...