Edisi 21-04-2017
Perputaran Uang Pasar Pagi Tembus Rp3 Miliar


SALATIGA –Nilai perputaran uang di Pasar Pagi Salatiga menembus Rp3 miliar per hari. Angka perputaran uang seba - nyak itu terhitung cukup tinggi dan mampu menunjang roda perekonomian di Salatiga.

Seorang pedagang Pasar Pagi, Wahyu, 28, menuturkan, luas areal pasar tradisional ini tidak luas dan hanya ber ope - rasional selama lima jam, yakni mulai pukul 01.00 hingga 06.00 WIB. Kendati demikian, pasar ini memiliki andil besar dalam meningkatkan dan me maju kan laju perekonomian di Sa latiga. Bahkan, sekarang men jadi salah satu penggerak roda pereko no - mian masyara kat.

“Selain itu, keberadaan Pa - sar Pagi ini juga mampu me - ningkatkan pendapatan ma - syarakat dan pendapatan da - erah melalui sektor retribusi. Yang pasti, pasar ini memiliki potensi besar dalam me ning - katkan perekonomian masya - rakat,” paparnya kemarin. Atas dasar itu, para pe da - gang berharap Pemkot Salatiga bisa membangunkan sarana dan prasarana penunjang.

Se - lain itu, pedagang juga ber harap pemkot mau membantu ke su - litan yang dihadapi peda gang yang sebagian besar ter kait ma - salah permodalan. “Permintaan ini didasarkan pada potensi yang ada dan hasil yang telah dicapai para ped - agang dalam memajukan per - ekonomian masyarakat. Seti - daknya keberadaan Pasar Pagi bisa menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat Sa - latiga dan sekitarnya,” ujarnya.

Pedagang lain, Sumiyati, 53, menambahkan, selama ini per - tumbuhan perdagangan di Sa la - tiga cukup baik. Bahkan, seka - rang Pasar Pagi Salatiga menjadi tujuan tempat belanja masya - rakat dari daerah lain, seperti Getasan, Tengaran, Pabelan, Bri - ngin, Kabupaten Semarang, dan daerah lain di Boyolali. Namun demikian, oper asio - nal Pasar Pagi masih mem bu - tuhkan perhatian dari pe me - rintah.

angga rosa

Berita Lainnya...