Edisi 21-04-2017
Pusat Pantau Tiga Aspek Pelayanan Dasar DOB


RUPIT- Tim Evaluasi Daerah Otonomi Baru Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengunjungi Pemkab Musi Rawas Utara (Muratara). "Kami diperintahkan bapak Mendagri untuk mengevaluasi terkait daerah otonom baruyang pembentukannya tahun 2012 dan2014.

DimanaDOByangbaru berusia nol hingga lima tahun ada 18 daerah, dan itu termasuk Muratara, se muanyamasih kita bina," ujar Kepala Sub Direktorat Pena taan Daerah Wilayah Direk - torat Penataan Daerah, Oto nomi Khusus, dan DPOD Di rektorat Jenderal Otonomi Daerah, Sla - met Endarto ber sama tim penilai, kemarin. SesuaidenganPeraturanMen - dagri(Permendagri) No 23Tahun 2010 tentang Tata Cara Evaluasi Daerah Otonom Baru, di mana tiga aspek yang akan dinilai yakni tiga dasar layanan yaitu kese - hatan, pen di dikan dan sarana in - frastruktur.

Termasuk juga penilaian sepuluh aspek di antaranya bagaimana pengisian personel pemerintahan daerah, dewan, membuat perangkat daerah, batas wilayah begitu juga ren - cana tata ruang wilayah (RTRW) dan termasuk hibah atau aset daerah dari kabu pa - ten induk sudah clearbelum.

“Sementara dari 10 aspek yang dinilai, Muratara aspek RTRW yang masih dalam pro - ses penyelesaian, namun yang paling mendasar yakni aspek pelayanan, yakni bidang kese - hatan, pendidikan dan infra struktur, karena tujuan DOB agar dapat membantu dan me - mudahkan masyarakat men - da patkan pelayanan dengan mudah,” katanya. Tadi, lanjut dia, pihaknya sudah melihat RSUD Rupit, ternyata RS tersebut sudah sa - ngat luar biasa, sebab dalam usia keempat tahun dan pe lim - pahan kurang lebih 1,5 tahun.

Tapi sudah dioptimalkan baik pelayanan dan pe nye dia - an tenaga medis. Tentunya itu menunjukkan Kabupaten Mu - ratara sangat mem per ha tikan akan pelayanan kesehatan. “Begitu juga dibidang pen di - dikan, walaupun SMA kebi ja kan - nya sudah diambil pemerintah provinsi, namun PemkabMura - tara memberi kan perhatian yang luar biasa juga, jadi kita apresiasi itu.

Be gitu juga infrastruktur da - sar, khususnyajalan,” ucapnya. Sementara Bupati Mura - tara HM Syarif Hidayat yang diwakili Sekda Kabupaten Muratara, H Abdullah Maktjik menyambut baik akan keha - diran tim Kemendagri. “Mudah-mudahan apa yang dinilai tim daerah kita me - menuhi dan apa yang disam - pai kan pak Endarto tadi bahwa pada HUT Otda mendatang daerah kita terpilih,” katanya.

leomura





Berita Lainnya...