Edisi 21-04-2017
Tujuh Jabatan Kepala Dinas Dilelang


GUNUNGKIDUL – Pemkab Kabupaten Gunungkidul melelang tujuh jabatan kepala dinas. Hingga kemarin baru satu orang yang mendaftarkan diri ke sekretariat panitia seleksi di Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Gunungkidul.

Satu pejabat tersebut mendaftarkan diri untuk posisi kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora). “Memang banyak yang sudah telepon untuk bertanya, namun baru satu yang mendaftarkan diri untuk posisi kepala Disdikpora,” kata Kepala BKPP Sigit Purwanto, kemarin. Ketika ditanya lebih jauh, Sigit masih merahasiakan siapa yang mendaftarkan tersebut.

Namun, dari informasi yang beredar, pendaftar untuk posisi kepala Disdikpora masih orang di lingkungan dinas tersebut. Menurut informasi yang beredar, para pejabat di Gunungkidul sebenarnya banyak yang berminat untuk mendaftarkan diri untuk tujuh posisi kepala dinas tersebut. Namun, mereka masih saling intip untuk melihat posisi yang sekiranya pas untuk dirinya.

Sigit melanjutkan, kemungkinan para pejabat yang berminat tersebut akan memasukkan berkas pada tanggal-tanggal akhir pendaftaran ditutup. Sesuai jadwal, batas akhir pendaftaran pada 28 April mendatang. Tujuh posisi kepala dinas yang bakal dilelang, yakni Disdikpora, Dinas Kesehatan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Dinas Penanaman Modal dan Pelayan Terpadu, Dinas Kebudayaan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Sementara, beberapa pejabat yang sudah mulai mempersiapkan diri juga sudah mulai menyatakan kesanggupannya mendaftarkan diri. Salah satunya adalah Sri Suhartanto. Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam ini pun telah menyiapkan diri untuk mendaftarkan diri untuk posisi kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

“Sesuai arahan Bapak Sekda karena diminta mendaftarkan diri, maka saya siap mendaftarkan diri,” sebutnya. Hal senada disampaikan Sekretaris Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Putro Sapto Wahyono. Dia mengaku siap untuk mendaftarkan diri untuk posisi kepala dinas. Namun, dia masih merahasiakan akan mendaftarkan dinas yang akan menjadi tujuan pendaftarannya.

“Sebagai aparatur kan kalau ada instruksi, kita siap. Saya akan daftarkan diri,” katanya. Selain nama-nama tersebut, nama Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Wahyu Nugroho juga mulai siap untuk mendaftarkan diri. Namun, dia juga masih merahasiakan jabatan kepala dinas yang akan didaftarkannya. Sekda Gunungkidul Drajad Ruswandono mengatakan, pihaknya berharap semua sekretaris dinas (sekdin), kepala bagian (kabag), dan kepala bidang (kabid) yang sudah memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri.

Hal ini dilakukan agar ada kompetensi yang benar-benar sehat sehingga memunculkan pejabat pilihan. “Semua yang duduk di sekdin, kabag, dan kabid tentu saja sudah pilihan, makanya akan kita saring untuk posisi kepala dinas dengan seleksi terbuka,” ucapnya. Meski demikian, untuk seleksi kepala dinas ini juga terbuka untuk pejabat dari kabupaten lain dan juga Pemprov DIY. “Jadi semua pendaftar akan kita tampung dan kita seleksi, termasuk kalau ada pejabat dari Pemprov DIY yang mendaftarkan diri,” katanya.

suharjono

Berita Lainnya...