Edisi 21-04-2017
419 PNS Gunungkidul Pensiun


GUNUNGKIDUL – Jumlah PNS di lingkungan Pemkab Gunungkidul terus menyusut. Selama dua tahun terakhir sebanyak 419 PNS memasuki masa purna tugas alias pensiun.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gunungkidul Sigit Purwanto mengatakan, jumlah PNS di lingkungan pemkabmemangmengalamipenyusutan. Hanya, beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) juga menyiasati dengan mengangkat tenaga harian lepas. “Untuk tahun ini jumlah PNS yang masuk pensiun ada 119 orang.

Tahun lalu sudah ada 300 orang,” katanya seusai pembekalan pegawai yang akan memasuki purna tugas di Bangsal Sewokoprojo Wonosari kemarin. Setiaptahunpihaknya jugatengah mengajukan pengisian PNS. Hanya, halinimenjadikewenangan pemerintah pusat dan belum ada persetujuan untuk melakukan pengangkatan CPNS.

“Kalau setiap tahun jelas kita memiliki rincian kebutuhan berdasarkan analisa jabatan dan kepangkatan (anjab). Makanya, kita juga ajukan pengangkatan, namun semua wewenang (pemerintah) pusat dan belum ada perintah rekrutmen,” papar Sigit Purwanto.

Dengan demikian, tenaga harian lepas menjadi salah satu solusi untuk membantu berjalannya roda pemerintahan di Gunungkidul. “Kebutuhan kita isi dengan THL. Bagi yang masuk pensiun juga kita berikan pelatihan dan pembekalan,” ucapnya.

suharjono

Berita Lainnya...