Edisi 21-04-2017
8 Desa Masuk Kategori Sangat Rawan Konflik


SAMPANG – Delapan desa masuk kategori sangat rawan konflik dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bangkalan.

Tentunya, dengan status sangat rawan tersebut akan menjadi atensi khusus dari jajaran Polres Sampang, baik sebelum hari H atau pada hari H pencoblosan 16 Mei 2017. Kapolres Sampang AKBP Tofik Sukendar menyatakan pihaknya telah melakukan pemetaan terkait pengamanan pada pelaksanaan pilkades serentak yang akan digelar 16 Mei 2017.

Hasilnya, ada delapan desa yang dikategorikan sangat rawan dan butuh monitoring khusus. “Ada sekitar delapan desa yang akan menjadi prioritas keamanan, karena masuk kategori sangat rawan dalam pilkades serentak nanti,” ujarnya. Tofik belum merinci delapan desa yang masuk kategori sangat rawan dalam pilkades serentak.

Hanya dia menyebut salah satunya adalah Desa Tambak, Kecamatan Omben, yang menurut hasil monitoring keamanan, sempat melakukan aksi protes beberapa waktu lalu di pemkab setempat. Selain delapan desa yang masuk kategori sangat rawan, Kapolres juga menyebut ada 16 desa masuk kategori rawan dan kemudian tujuh desa masuk kategori aman.

Pihaknya sudah merinci, yang selanjutnya akan ada perlakuan khusus untuk daerah tersebut. “Jadi akan ada atensi khusus sehingga nantinya pelaksanaan pilkades serentak bisa memberi rasa aman dan nyaman masyarakat,” tandasnya. Dia mengatakan, ciri-ciri daerah sangat rawan konflik di antaranya bisa dilihat dari Daftar Pemilih Tetap (DPT)-nya, serta akses menuju desa yang kurang bagus.

Beberapa kendala itu akan memicu adanya konflik antarwarga. Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Pacanggaan, Kecamatan Torjun, Sampang Sariyadi menyatakan, sebagai salah satu desa yang akan menggelar pilkades serentak, tentunya butuh rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, terutama meminimalisasi gesekan antarwarga. Tentunya dia berharap peran aktif dari aparat kepolisian dalam melakukan pengamanan. “Pilkades itu gesekannya sangat keras. Karena, antarpendukung saling berhadapan langsung,” ucapnya.

subairi

Berita Lainnya...