Edisi 21-04-2017
BKOW Sumut Budayakan Tilawatil Quran


MEDAN – Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Sumatera Utara (Sumut) terus mengasah kemampuan anggota untuk membaca Alquran. Sebagai upaya memotivasi anggota membudayakan tilawatil quran, BKOW Sumut sengaja mengadakan Musyabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Kamis (20/4).

Ketua Panitia MTQ Cut Lindawati menuturkan, lomba membaca Alquran ini diikuti 50 orang peserta yang dipilih dari masing-masingorganisasiyang bergabung di BKOW Sumut. “Setiap organisasi mengirimkan dua orang perwakilannya,” ujar Cut Lindawati. Perlombaan ini dilaksanakan untuk memperingati hari besar Islam Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW tahun 1348 Hijriyah.

Melalui MTQ ini BKOW ingin membantu pengembangan bidang keagamaan bagi organisasi wanita yang ada di Sumut dan masyarakat sekitarnya. Sementara Ketua BKOW Sumut Kemalawati berharap melalui MTQ kaum ibu bukan saja bisa membaca, tetapi dapat memaknai isi bacaan Alquran. Menurut dia, pengembangan tilawatil quran selaras dengan apa yang menjadi tujuan pembangunan yang telah dan sedang dilaksanakan saat ini, yakni sebagai sarana pembinaan kehidupan untuk mewujudkan pembangunan mental spiritual secara menyeluruh dan berkesinambungan.

“MTQ yang diikuti perwakilan organisasi wanita ini menjadi motivasi bagi kaum ibu untuk ikut meningkatkan kemampuan membaca Alquran,” tandasnya. Surah dan ayat yang diperlombakan adalah Surah Bani Israil (Al isra) ayat 1-5 dengan waktu membaca 5-6 menit. Kriteria penilaian adalah bidang tajwid, fashoha/makhorijil huruf, dan bidang irama/lagu.

siti Amelia

Berita Lainnya...