Edisi 21-04-2017
Bantuan Warga Terdampak Bencana Mulai Didistribusikan


KARANGANYAR – Pemerintah Kabupaten Karanganyar mulai mendistribusikan bantuan sosial dan keuangan bagi korban bencana alam yang ada di bumi Intan Pari. Bantuan dilakukan agar warga terdampak bencana sedikit terbantu atas musibah yang dia terima.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar Bambang Jatmiko mengatakan, untuk tahap pertama pada 2017, ada 231 kepala keluarga (KK) yang menerima bantuan. Keluarga yang menerima bantuan itu sebelumnya terdampak bencana pada November hingga Maret tahun ini. Bencana yang dialami cukup beragam mulai daerah tanah longsor, angin ribut, hingga beberapa bencana lain yang terjadi di Karanganyar.

Semua mendapatkan bantuan sesuai inventarisasi yang dilakukan Pemkab Karanganyar. “Anggaran yang kami kucurkan untuk tahun ini mencapai Rp421.450.000,” ucapnya. Masing-masing keluarga mendapatkan bantuan beragam sesuai tingkat kerusakan yang dialami. Untuk kerusakan ringan sampai berat kisaran bantuan yang diberikan mulai Rp1,5 juta sampai Rp5 juta.

Selain memberikan bantuan untuk rehabilitasi fisik, pemkab juga memberikan bantuan bagi warga yang mengalami luka maupun meninggal dunia akibat bencana alam. Besaran bantuan yang diberikan mencapai Rp3 juta per orang. “Semoga bantuan ini bisa membantu warga yang kesusahan akibat bencana alam yang terjadi,” ujarnya.

Bambang berpesan agar warga tetap meningkatkan kewaspadaan untuk menghadapi bencana yang mungkin saja terjadi. Apalagi, sebagian wilayah Karanganyar merupakan daerah rawan bencana. Sementara itu, Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo berencana merelokasi warga yang tinggal di daerah rawan bencana. Namun, upaya itu belum bisa terealisasikan dalam waktu dekat.

Pasalnya, banyak faktor yang menjadi penghalang, mulai anggaran hingga kemauan warga untuk direlokasi rendah. “Kami berupaya untuk itu, tapi sebelum terlaksana kami akan terus menganggarkan bantuan untuk warga yang terdampak bencana,” ucapnya.

arief setiadi


Berita Lainnya...