Edisi 21-04-2017
Bayar PKB Bisa lewat ATM


MEDAN – Masyarakat Sumatera Utara (Sumut) tidak lama lagi bisa membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) melalui jaringan anjungan tunai mandiri( ATM) BankSumut.

Masyarakat tidak perlu lagi mengantre lama di kantor Samsat seperti selama ini. Inovasi pelayanan publik prima ini akan diluncurkan kepada masyarakat pada Senin depan (24/4). Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi menyambut baik inovasi baru pelayanan mendasar bagi masyarakat untuk membayar PKB tersebut. Dia memberi apresiasi atas kesungguhan dan kerja nyata Tim Samsat karena telah berhasil membangun aplikasi yang segera diluncurkan pada 24 April 2017.

Sistem itu nanti bisa digunakan pada seluruh jaringan ATM Bank Sumut maupun seluruh teller jaringan kantor bank milik masyarakat Sumut. “Ini satu parameter lagi bahwa Sumut semakin paten. Dengan ada layanan itu diharapkan dapat memberikan alternatif pilihan serta kenyamanan kepada masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor,” kata Erry saat menerima Tim Teknis Samsat Sumut di Kantor Gubsu, Rabu (19/4) sore.

Sekretaris Bank Sumut Erwin Zaini menuturkan, untuk tahap berikutnya Bank Sumut akan mengembangkan layanan e-Samsat melalui sms banking. Bank Sumut juga akan bekerja sama dengan tim pembina Samsat untuk menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai layanan e-Samsat.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Sumut Sarmadan Hasibuan selaku Ketua Tim Samsat Sumut melaporkan, tes operasional layanan e-Samsat ATM dan teller Bank Sumut yang juga populer dengan sebutan “E-Samsat Paten dan Samsat Masuk Kampung” telah dilaksanakan dan berjalan lancar. Inovasi pelayanan publik prima ini sudah bisa diluncurkan kepada masyarakat luas.

“Samsat Paten ini merupakan singkatan dari Samsat Pelayanan Administrasi Terpadu Elektronik,” katanya. Selain untuk pembayaran PKB, pengembangan e-Samsat Paten juga berupa penyediaan layanan pembayaran sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan, registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor, serta pengesahan STNK tahunan di Provinsi Sumut melalui seluruh unit kerja dan jaringan elektronik PT Bank Sumut.

lia anggia nasution


Berita Lainnya...