Edisi 21-04-2017
FEB UNS Dan DDTC Sepakati Kerja Sama Pendidikan Pajak


SOLO– Konsultan sekaligus lembaga think tank perpajakan DDTC dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (FEB UNS) menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/ MoU) kerja sama pendidikan dalam bidang pajak bagi seluruh civitas akademika UNS.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Managing Partner DDTC Darussalam dan Dekan FEB UNS Hunik Sri Runing Sawitri dalam rangkaian acara seminar nasional bertemaEra Pertukaran Informasi Pajak: Tidak Ada Lagi Tempat Bersembunyidi UNS Inn Solo, kemarin. “Dengan MoU ini, para mahasiswa FEB UNS Solo dapat magang kerja di kantor kami di Jakarta dan mengakses berbagai fasilitas yang kami miliki.

Para dosen juga dapat melakukan penelitian bersama, khususnya untuk tema-tema perpajakan,” ujar Darussalam, kemarin. Dengan demikian, sudah ada 8 perguruan tinggi di Indonesia yang melakukan MoU dengan DDTC, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Dipenogoro, Universitas Kristen Petra, STIAMI dan terakhir UNS. Dekan FEB UNS Hunik Sri Runing Sawitri mengaku bangga bisa bekerjasama dengan DDTC.

Dengan MoU ini bisa menambah jam terbang civitas akademika UNS untuk mendalami bidang pajak. Dalam seminar tersebut, Darussalam mengatakan reformasi pajak yang saat ini tengah dilakukan diawali dengan dimulainya program pengampunan pajak atau tax amnesty. Program tax amnesty ini menjadi titik awal dilaksanakannya reformasi pajak. “Perpajakan kini menjadi sangat popular sejak pemerintah mencanangkan program tax amnesty.

Mengapa perlu ada tax amnesty? Mengapa tidak cukup hanya dengan pemeriksaan pajak saja?,” tuturnya. Dia menjelaskan selama ini Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak telah melakukan pemeriksaan pajak, namun data wajib pajak yang diperoleh masih belum valid. Oleh karena itu, untuk mengumpulkan data yang lebih valid, dibutuhkan program tax amnesty untuk memperluas basis pajak.

sofian dwi








Berita Lainnya...