Edisi 12-05-2017
Partai Perindo Serahkan Bantuan Gerobak ke UMKM


KULONPROGO –Partai Persa tuan Indonesia (Perindo) membe ri - kan bantuan gerobak bagi pelaku usaha mikro kecil dan me nengah (UMKM) di Ka bupa ten Kulonprogo.

Pembagian di la kukan secara lang sung oleh Ke lompok Kerja (Pok ja) Gero bak DPP Partai Pe rindo disaksi kan pengurus DPW DIY serta DPD Kulonprogo. Bantuan bagi para UMKM ini sebelumnya juga diserahkan ke pada mereka yang berusaha di Kabupaten Gunungkidul. “Pe - rindo selalu care (peduli) de ngan kesejahteraan masyara kat, maka nya kami bagikan gerobak ini,” kata Fani Irawati dari Pokja Gerobak Perindo kemarin. Saat ini sudah ribuan gerobak yang dibantukan kepada masyarakat.

Program ini akan terus berlanjut di semua wi la yah Nusantara. Dia menga ta kan, warga bisa mengajukan bantuan dengan menghubungi pe - ngurus Perindo di setiap daerah. Warga bisa mengajukan per mohonan dengan mengisi formulir dan fotokopi KTP. Da - ri hasil verifikasi nantinya akan didistribusikan bantuan. “Ka - mi tidak hanya membantu ge - ro bak, juga binaan agar mereka lebih sukses,” ucap Fani yang juga Kepala Bidang UMKM DPP Perindo ini. Lebih lanjut dikatakan, bantuan yang diberikan tidak asalasalan.

Mereka akan fokus pa - da masyarakat yang sudah me - miliki usaha sehingga akan ada peningkatan kesejahteraan. “UMKM harus naik kelas, pendapatan harus meningkat,” ka - tanya yakin. Ketua DPW Partai Perindo DIY Nanang Sri Rokhmadi me - ngatakan, gerobak ini merupakan salah satu cara mengenalkan Partai Perindo kepada masyarakat. Gerobak-gerobak Perindo akan hadir di seluruh Kulonprogo.

Sebab, permohonan terus berdatangan dan masih menjalani proses verifikasi. “Kami punya banyak program di ma - syarakat sebagai komitmen Pe - rindo untuk masyarakat,” tandasnya. Sementara Ketua DPD Par - tai Perindo Kulonprogo Suwito mengatakan, untuk tahap awal ada empat gerobak yang akan dibagikan. Sebelumnya mereka telah mengajukan sejak be - be rapa bulan lalu dan masih da - lam proses verifikasi. “Ini baru tahap awal, masih ada beberapa pengajuan yang diverifikasi,” klaimnya.

Salah satu penerima, Su ma di mengaku, setiap hari ber ju alan mi ayam dan angkringan. Ban tu - an ini tentu sangat membantu usa ha yang dijalankannya itu. Selama ini, selain gerobak pi haknya masih menambah de ngan meja. Gerobak menghabiskan biaya lebih dari Rp5 juta. “Senang sekali, ada bantuan ini. Semoga Perindo bisa men jadi partai yang besar,” harap pedagang yang mangkal di sekitar Pasar Sentolo ini.

Harapan senada disampai - kan Supanto, pedagang es da - wet. Menurut dia, bantuan ge - ro bak ini sangat membantunya ber jualan. Dia berharap Pe rin - do benar-benar menjadi partai be sar yang peduli dan memerhatikan rakyat. Bantuan yang sama juga menyasar UMKM di Gunung - ki dul. Ada tujuh unit gerobak di serahkan kepada pelaku UMKM. Penyerahan juga dila - ku kan Fani Irawati bersama Ke tua DPW Perindo DIY Na - nang Sri Roekmadi di Kantor DPD Perindo Gunungkidul di Ponong, Rabu (10/5).

Fani Irawati mengungkapkan, Perindo merupakan parpol yang memiliki platform je - las untuk memperjuangkan war ga menuju masyarakat se - jah tera. Semangat mengurangi ketimpangan antara si miskin dan yang kaya dilakukan melalui program pemberdayaan UMKM. Dia berharap pengurus di tingkat provinsi dan kabupa - ten/kota bisa menyalurkan ge - ro bak sesuai peruntukannya.

Upaya pendampingan perlu dilakukan agar pelaku UMKM bisa berkembang dan terus menambah unit usahanya. Nanang Sri Roekmadi me - nga takan, untuk tahap awal se - ba nyak 10 gerobak diserahkan bagi pelaku UMKM di dua ka - bu paten. Masing-masing di Gu nungkidul 7 unit dan di Kulonprogo 3 gerobak.

“Sesuai arahan Ketua Umum, gerobak ini harus diserahkan langsung kepada warga yang benarbenar memenuhi kriteria sebagai UMKM,” ujarnya. Setelah gerobak diberikan, pihaknya bersama pengurus kabupaten/kota langsung me - la kukan pembinaan, termasuk menanamkan konsep wirausaha sehingga penerima bantuan mampu bangkit dan mengembangkan usahanya.

kuntadi/suharjono

Berita Lainnya...