Edisi 12-05-2017
2018, Anak Wajib Miliki Kartu Identitas


SEKAYU – Pemkab Musi Ba - nyuasin memastikan pener - bitan kartu identitas anak (KIA) dilaksanakan di tahun ini. Hal itu dilakukan lantaran adanya penunjukan dari pe - merintah pusat sebagai bentuk apresiasi karena Muba berhasil menerbitkan akta kelahiran anak 0-18 tahun mencapai 86%.

"Kita ditunjuk oleh pe me - rintah untuk menerbitkan KIA. Ini memang tidak disangka kare na sangat mengejutkan. Sebab, 2018 mendatang anak sudah harus memiliki kartu identitas," ujar Kepala Dinas Ke pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Muba, Asmarani. Kartu identitas ini, sam - bung dia, memiliki banyak ke - gunaan, paling utama adalah agar setiap anak mampu men - da patkan pelayanan publik secara mandiri, seperti bagian untuk administrasi, pendi di - kan, kesehatan, dan lainnya.

"Tahap awal kita lakukan pen - dataan jumlah anak dibawah 17 tahun. Karena kita belum memiliki anggaran, pener bi - tan nya dilakukan setelah pem - bahasan ABT, karena ang ga - rannya kita masukkan dari sana. KIA ini fungsinya sama dengan e-KTP," jelas dia.

Adapun penerbitan KIA yakni dengan syarat bagi anak kurang dari lima tahun dan telah memiki akta kelahiran harus memenuhi fotokopi kuti - pan akta kelahiran, fotokopi kartu keluarga (KK) dan foto - kopi KTP elektronik orang tua atau wali. "Untuk anak yang baru lahir, KIA diterbitkan seren tak dengan akta kela - hiran," ucap dia.

Untuk anak usia 5-17 tahun kurang satu hari dengan per - syaratan fotokopi kutipan akta kelahiran, fotokopi KK dan fotokopi KTP elektronik orang tua atau wali ditambah pasfoto anak berwarna ukuran 2x3 sebanyak dualembar. "S e dangkan penerbitan KIA untuk anak yang sudah ber sekolah akan dilakukan secara kolektif melalui kerja sama dengan pihak sekolah. Semua pe r sya ratan yang diten tukan di kum pulkan me - la lui masing-masing seko lah," jelas dia.

amarullahdiansyah


Berita Lainnya...