Edisi 12-05-2017
Bupati PALI Lantik 18 Kades Terpilih


TALANGUBI- Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) H Heri Amalindo mengatakan, percepatan pembangunan di Bumi Serepat Serasan tergan - tung pada kepala desa yang ada di Kabupaten PALI.

Hal itu disampaikan orang nomor satu di Pemkab PALI di depan umum usai melantik 8 kepala desa terpilih, hasil dari pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak April 2017. Pelantikan itu, Rabu (10/5) bertempat di Gedung Olahraga dan Kesehatan (Orkes) Kom - perta Pendopo, Kecamatan Talangubi. "Kalau warga ingin baik dan bagus, maka kades terlebih da - hulu harus mencontohkan ba - gaimana hidup baik dan bagus. Karena, kades dituntut untuk menjadi teladan bagi wa r - ganya," ujar Heri.

Tidak hanya itu, Heri juga kem bali menawarkan reward bagi kepala desa yang warganya tidak ada yang positif meng gu - nakan narkoba. “Narkoba itu merusak ba ng - sa karena akibat dari narkoba jelas menghancurkan masa de - pan generasi kita. Untuk itu, kami mengadakan sayembara bagi kepala desa yang warganya nihil dari narkoba akan men - dapat reward sejumlah Rp500 juta," ujar Heri yang langsung di sambut riuh para hadirin yang menyaksikan pelantikan 18 kades terpilih.

Bahkan, pemerintah juga tidak segan-segan untuk mela - kukan tes urine bagi seluruh kades dan pegawai Pemkab PALI dalam jangka enam bulan sekali. “Kalau perlu kita lakukan tes urine enam bulan sekali. Deng - an begitu kesadaran akan ba - haya narkoba bagi masyarakat Kabupaten PALI meningkat,” katanya. Di tempat yang sama, Ke - pala Dinas Pemberdayaan Ma - sya rakat dan Desa (DPMD) PALI, A Gani Akhmad meng ata - kan, pelantikan kades ini sem - pat mengalami penundaan.

"Alhamdulillah, dari seluruh tahapan-tahapan yang dilalui, sudah dilaksanakan. Meskipun pada sebelumnya kita jadwal - kan pelantikan 17 April lalu, namun karena banyaknya jadwal Pemkab PALI men g ha - dapi HUT PALI, sehingga pe - lantikan terpaksa ditunda,” ujarnya.

Gani berpesan, bahwa tugas kades ialah memberikan pela - yanan dan memberikan peng - ayoman kepada masyara katnya. “Kades harus memberikan pelayanan serta mengayomi masyarakatnya. Sehingga, ka - des haruslah menjadi panutan bagi warganya,” ucapnya.

eko jurianto

Berita Lainnya...