Edisi 12-05-2017
Dua CJH Mengundurkan Diri


PAGARALAM–Dua calon ja - maah haji (CJH) asal Kota Pagaralam dipastikan meng - un durkan diri dari jadwal keberangkatan tahun ini.

Meskipun demikian, dari 92 kuota keberangkatan m u - sim haji 2017 dari Kota Pa - garalam, semuanya akan tetap berangkat dan yang meng - undurkan diri sudah ada peng - gantinya. Kepala Kantor Ke men te - rian Agama Kota Pagaralam, H Win Hartan didampingi Plt Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, H A Nizom meng ata - kan, dua JCHasal Kota Paga - ralam yang meng un durkan diri tersebut, secara oto matis nantinya akan di gantikan ja - maah lain, be r dasarkan daftar tunggu an trean nomor porsi siskohat.

"Kita kuotanya 92 CJH. Meskipun dua mengundurkan diri, maka yang berangkat te - tap 92 CJH karena akan di gan - tikan CJH lainnya ber da sar - kan daftar tunggu," ujar Ni - zom, baru-baru ini. Nizom menambahkan, s e - jauh ini baru ada dua CJH yang mengundurkan diri dengan alasan sakit, dan mereka ten - tunya akan diganti.

Selain itu, lanjut Nizom, hingga kini sudah ada sekitar 90 CJH ke - berangkatan musim haji 2017 yang sudah melaporkan tanda pelunasan biaya haji ke Kantor Kementerian Agama Kota Pagaralam, yang dikeluarkan bank penerima setoran. “Untuk melunasi biaya haji tahap kedua selanjutnya akan dilaksanakan mulai 22 Mei-5 Juni 2017. Mendekati kebe - rangkatan haji Kantor Ke - menterian Agama Kota Pag a - ralam intensif menggelar ma - nasik haji," katanya.

Menurutnya, manasik tidak hanya sebatas teori, ma - teri praktik tuntunan haji, su - nah dan wajib juga terus di la - kukan, sebagai upaya pem be - kalan kepada para CJH agar dapat benar-benar dipahami, sehingga pelaksanaan ibadah haji berjalan dengan baik. “Materi langsung diberikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pagaralam, H Win Hartan dan beberapa pemateri lainnya,” kata Nizom.

Nizom menambahkan, pe - nambahan untuk calon ja - maah yang masuk dalam daftar tunggu bagi usianya yang sudah lanjut, masih menunggu pengumunan melalui surat edaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumsel.

Ada sebanyak 42 usulan ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumsel bagi CJH masuk dalam daftar tunggu bagi usia lanjut di atas usai rata-rata 70 tahun. Sementara itu, Nurul, 65, salah satu CJH asal Pagaralam mengatakan, pihaknya sudah mengikuti rangkaian tahapan kegiatan menjelang keberang - katan. Hal ini agar pada saat berangkat nanti dapat men - jalankan semua yang di wa - jibkan.

yayan darwansah



Berita Lainnya...