Edisi 12-05-2017
Empat Negara Sepakat Tambah Luasan Restorasi


PALEMBANG – Pertemuan in - ternasional lingkungan hidup, Bonn Challenge di Palembang menghasilkan keputusan guna menambah luasan restorasi di dunia.

Empat negara menya ta - kan tambahan luasan restorasi seluas 1,5 juta hectare (ha). Keempat negara itu, dik a takan Staf Ahli Perubahan Iklim GubernurSumsel, AhmadAsmani,yakni India, Sri Lanka, Pa kistan dan Bangladesh. Ke em pat negera ini sepakat dalammemperluasluasan restorasimerekamencapai1,5juta ha. Iniyangmenjadisalahsatupen - capaian dari pertemuan inter - nasional Bonn Challenge di Pa - lembang, kemarin. “Ada kesepakatan-kese pa - ka tan baru yang dibuat, baik antarnegara atau perusahaan. Ada penambahan jumlah lua san restorasi di tahun 2017 ini.

Ada empat negara sepakat atas luasan restorasi gambut, yakni mencapai 1,5jutaha,”ujarnyausaimengikuti meetinghari terakhir. Ini keberhasilan bagi ling - kungan hidup dunia. Per te - muan internasional Bonn Cha - llenge di Palembang ber lang - sung tiga hari. Hari pertama, dilakukan pembukaan pame - ran. Lalu pada hari kedua, para delegasi dari 28 negara meng - unjungi kawasan Sepucuk, OKI, yang merupakan percontohan restorasi di Sumsel. Setelah kunjungan baru dilaksanakan pertemuan internasional, high level meetingdalam dua sesi.

Najib enggan meng omen - tari perubahan luasan gambut yang akan dilakukan Indonesia. Menurut dia, kepastian akan luasan itu menjadi kewenangan dari pemerintah pusat, yakni Kementerian Lingkungan Hi - dup dan Kehutanan (KLHK). Pada kesempatan yang sama Gubernur Sumsel Alex Noerdin menjelaskan, Sumsel telah men jalin kerja sama di 11 titik restorasi, baik dari pemerintah atau swasta pendonor luar negeri.

Jumlah itu berada di sembilan titik di kawasan gambut didaratanrendah, dansembilandi daratanatas(per bukitan). “Bonn Challenge mem - perkuat kerja sama tersebut. Bantuan kerjasama berasal dari Belanda, Norwegia, Jerman, dan lainnya. Banyaklah, dan Bonn Chellenge merupakan per temuan antarnegara dan pemerintah yang memb u tuh - kan bantuan, seperti Indo ne - sia,”ujar Alex.

Dihubungi terpisah, Per wakilan Badan Restorasi Gambut (BRG) untuk Sumsel, Dhio Dani Shineba mengatakan, BRG terus melakukan upaya resto - rasi di kawasan Sumsel. Saat ini sudah masuk dalam tahapan pembahasan (rewetting). Di Bonn Challenge, BRG mema par kan tahapanrestorasigam but.

tasmalinda

Berita Lainnya...