Edisi 12-05-2017
Isnaini: Tak Cukup Hanya SK Wali Kota


PALEMBANG – Upaya Pe - merintah (Pemkot) Kota Palembang dalam menata pariwisata membutuhkan payung hukum berupa peraturan daerah (perda).

Hal ini di ungkapkan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Palembang, Isnaini Madani usai menutup Pasar Seni, Rabu (10/5) lalu. Dikatakan Isnaini, ba nyak rencana program pem ban - gunan pariwisata, te ru tama di seputaran Jembatan Ampera yangakandikem bangkan. Mulai dari Pasar Seni di sam - ping Monpera, kuliner malam di Lorong Basah Pasar 16, hingga skate park, jogging track, taman bermainanak, teaterterbuka, dan taman ma nula di samping Am - pera.

Be gitu juga dengan rencana meng hidupkan kembali trans - portasi Sungai Sekanak, pasar terapung, dan kota tua di wilayah Sekanak. Disepakati bahwa pariw i sata itu jasa yang paling efektif meng - hasilkan pendapatan. Tapi ren ca - naprograminitentubutuhwaktu, dimungki nkannya bisa terealisasi semua di tahun 2019. “Tentu kita tidak cukup SK wali kotasaja, tapi kitabutuhperdajuga,”ujarIs naini kepada KORAN SINDO PA LEM - BANG.

Dijelaskannya, beragam pro gram pariwisata ini perlu dikembangkan bertujuan agar dapat merealisasikan target 12.000 wisatawan mancane gara (wisman) di Kota Pale m - bang. Program pariwisata yang diutamakan tentu dari sektor wisata seni dan budaya. Seperti pergelaran Pasar Seni yang se - belumnya dipusatkan di bawah Jembatan Ampera Pasar 16 Ilir Palembang, akan dipe r ma - nenkan di samping Monpera.

“Sudah saatnya Palembang miliki Pasar Seni sebagai des - tinasi wisata. Selama per ge - laran Pasar Seni, banyak pen g - unjung dari luar Palembang yang datang,”terang dia. Sementara itu Koordinator Na sional (Kornas) Gemilang Pe - duli Asian Games 2018 yang meng hadiri penutupan Pasar Seni, sangat mendukung ke be - radaan Pasar Seni di Kota Palem - bang. Dikarenakan bisa menjadi salah satu faktor guna men yuk - seskanAsianGames2018.

Seperti diketahui, Pasar Seni perdana digelarpada 10April-10Mei2017 lalu. Ber ba gai rangkaian acara di - gelar, diantaranya lomba mema - sak, festival band, lomba menari, danlombalainnya. “Kita apresiasi Pasar Seni ini. Jadi bukan hanya ku l ine - rnya saja yang dikenal, namun juga kesenian dan budaya yang ada di Kota Palembang.

Karena Pasar Seni merupakan sebagai wadah bagi perajin seni yang menghasilkan produk seni khas Palembang,”ujarnya. Di lokasi Pasar Seni, pelaku UKMsenidansenimanpunsaling adu kreativitas dalam mening - katkan seni dan budaya Kota Palembangyangtujuannya sebag - ai wisata. Pasar Seni bertajuk “Pa - lem bang Tourism Art Festival”ini siapdipermanenkan.

yulia savitri


Berita Lainnya...