Edisi 12-05-2017
Kenalkan Songket di Moslem Fashion Fest 2017


PALEMBANG- Gelaran Mos - lem Fashion Fest 2017 di Pa - lembang Icon, mulai 11-14 Mei 2017 menjadi mo men yang tidak dilewatkan Pemkot Palem bangdalammengangkat kekayaanPale mbanghinggake kancahdunia.

Dalamkesempatanpem bu - kaannya kemarin, Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda bahkan mempromosikan kekayaan daerah yang satu ini. Me nurutnya, kain songket sa ngat cantik, tidak kalah dengankainlainnya. Disebutkannya, ada be be - rapa jenis songket Pa lem bang yang merupakan hasil tenun masyarakat Palem bang, mulai dari songket limar bin - tang, dominan me rah, dengan motif bintang-bintang, songket bunga China, songket ran - kan bintik, songket tiga negeri, songket cantik manis, dan songketnampanperak.

“Jadi, songket itu ada ber - bagai macam, sesuai dengan sejarahnya dan kegunaanya beda-beda. Saat sedang duka songket yang dipakai lain, sedang pesta lain, dikenakan gadis lain, wanitayangsudahibu-ibulain, dan janda pun lain. Jangan sampai ka - re na tidak mengenali dan tidak paham, ke pesta pakai songket duka,” terangnya. Selain itu, Finda juga mem - perkenalkan bahwa kain ter - sebut bisa dimodifikasi, bisa jadikan pakaian yang indah.

Terlihat dari beberapa pera ga an busana yang mem an faat kan songket sebagai bahan utama. “Saya harapkan ma sya rakat Palembang, khu susnya desai - ner lokal dapat mem per kenal - kan kain-kain yang kita miliki. Tadi sempat berbincang dengan artis-artis ibu kota, saya ingin mereka bisa perke nal kan ke - budayaan, pariwisata dan ker a - jinan Kota Palembang.

Kita betul-betul manfaatkan mo - men ini untuk mem pe rkenal - kan Pa lem bang,” ungkap dia. Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Ma - dani mengatakan, event ini adalah eventnasional yang baru pertama kali dilak sa nakan di Palembang dengan meng - hadirkan artis ibu kota. Pi - haknya juga meminta para artis ini untuk mempromosikan wisa ta Palembang. “Setiap event silakan kerja sama dengan kita.

Nanti kita kemas dengan pari - wisata yang bisa dinikmati, dan tidak hanya orang Palembang tapi pendatang juga. Bisa jadi ada orang yang tidak ada rencana ke Palembang, dengan adanya event ini jadi datang ke Palembang,”jelas Isnaini. Sementara itu Founder Moslem Fashion Fest, Fajar Ba - hari menyebutkan, untuk ta - hun ini Palembang kota per - tama, selanjutnya ke Medan, Makassar, Banjarmasin, Sura - baya, Gorontalo, dan terakhir Pa dang.

Adapun dipilihnya Kota Palembang, karena be - sarnya daya beli untuk fashion style muslim di kota ini. “Tu - juannya kegiatan kita ingin mengajarkan bagaimana me - ng gunakan busana muslim, muslim Indonesia yang sesuai dengan kebudayaan masingmasing," ujarnya. Adapun dalam festival ini, terdapat 54 stan, dengan sem - bilan artis yang ber par tisipasi, yakni Risty Tagor, Asri Welas, Puput Melati, Kiki Ame lia, Eddies Adelia, Okie Agustina, Adelia Septianti, Gessy Selvia dan Feri Anwar.

yulia savitri

Berita Lainnya...