Edisi 12-05-2017
Daop 6 Operasikan Empat Kereta Tambahan


YOGYAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta menyiapkan empat rangkaian kereta api tambahan pada libur panjang perayaan Waisak kali ini.

Empat rangkaian kereta api tambahan tersebut akan beroperasi selama empat hari, 11-14 Mei ini. Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan, libur Waisak ini memang agak berbeda karena mendekati akhir pekan. Dengan begitu, banyak pegawai diperkirakan memilih cuti pada Jumat untuk berlibur. Diperkirakan akan terjadi lonjakan penumpang kereta api yang cukup signifikan dibanding libur panjang sebelumnya.

“Karena liburannya lebih panjang, maka penumpangnya semakin banyak,” tutur Eko. Untuk itu, pihaknya sudah melakukan antisipasi dengan menyiapkan beberapa rangkaian kereta api tambahan. Kamis (11/5) pihaknya mengoperasikan Kereta Argo Lawu Fakultatif jurusan Solo-Gambir, Purwosari Tambahan jurusan Purwosari-Pasar Senen, KLB Tambahan jurusan Gambir- Surabaya Gubeng.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan pada hari ini kereta Argo Lawu Fakultatif untuk mengangkut lonjakan penumpang. Sabtu (13/5) kereta tambahan yang dioperasikan adalah Argo Dwipangga Fakultatif jurusan Solo-Gambir. Sementara Minggu (14/5) ada kereta tambahan Argo Dwipangga Fakultatif dan Purwosari Tambahan.

Banyaknya kereta api tambahan yang disediakan untuk mengakomodasi masyarakat yang ingin menggunakan kereta api untuk liburan. Sebab, hingga libur Waisak tiba, tiket kereta reguler dan sejumlah kereta tambahan sudah terjual.

Hanya beberapa kereta tambahan yang masih tersisa tempat duduknya. “Sampai Kamis (11/5) kereta eksekutif masih sisa 450-an tempat duduk. Yang campuran ada 520 tempat duduk (KLB campuran dari Purwosari),” ungkapnya. Direktur Pengembangan Bisnis Margaria Group Arief Nur Wibawanto mengungkapkan, liburan panjang yang terjadi beberapa kali pada bulan ini memang membawa berkah tersendiri.

erfanto linangkung


Berita Lainnya...