Edisi 12-05-2017
Bermula Dari Main Game, Kini Fokus Bekerja di Dunia Maya


An Nahal tak menyangka hobinya berselancar di dunia maya membawanya menjalankan bisnis berbasis internet. Alumni Ilmu Ekonomi Akuntansi Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) angkatan 2006 ini, kini menggantungkan harapan besar agar bisa menghasilkan keuntungan dari bisnis Search Engine Optimization (SEO) atau dibahasakan berarti optimalisasi mesin pencari.

Menurut pria kelahiran Medan, 16 Juli 1988 ini, kemampuan sebagai penyedia jasa bisnis SEO dilakukan secara otodidak. Pekerjaan yang tidak pernah dibayangkannya pada 8 tahun yang lalu. Dijelaskan An Nahal, bisnis yang dijalaninya adalah sebuah layanan dengan proses untuk mempengaruhi tingkat visibilitas sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami.

“Atau sering disebut juga dengan pencarian tak berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik dari sebuah mesin pencari,” jelas dia. An Nahal, yang berkantor sekaligus rumahnya di Jalan Suka Damai, Gang Pimpinan, Sei Agul Medan, mengatakan, mulanya tertarik dengan dunia internet itu di 2009, saat itu pun masih mengandalkan warung internet untuk belajar, dan jaringan internet masih terdengar asing dikalangan masyarakat.

Suami dari Reni Juliani ini bercerita waktu itupun masih sekadar bermain game dan memanfaatkan waktu malamnya untuk mencari kesenangan lewat game. Belakangan ia pun mulai tertarik dengan blog. Nahal sempat menjadi bloger untuk menarik pengguna internet mampir di halamannya. Blognya pun berisi seputar tutorial dunia internet dengan beragam minat.

Bahkan ia sempat menjual soal-soal test psikotes dengan sistem barter pulsa. Makin menyelami dunia internet Nahal pun berkenalan dengan SEO, sebagai seorang bloger, Nahal paham betul bahwa SEO menjadi satu indikator webnya banyak dikunjungi orang. Dari sini juga ia mendapat informasi kompetisi seputar SEO, beberapa kali mengikuti perlombaan coba ia pun akhirnya bisa berhasil menjadi juara.

Dari sini juga namanya mulai dikenal dan dipercaya beberapa perusahaan untuk meningkatkan kinerja situs web mereka. “Dengan bantuan mesin pencari web misalnya di Google, situs web akan berada di halaman pertama daftar hasil pencarian mesin pencari. Dan ini sangat membantu satu perusahaan tertentu misalnya bergerak di bidang distributor produk, untuk meningkatkan penjualan mereka,” pungkasnya.

SITI AMELIA

Medan


Berita Lainnya...