Edisi 12-05-2017
Libur Waisak, KNIA Dipadati Penumpang


KUALANAMU – Bandara Internasional Kualanamu (KNIA) dipadati penumpang, kemarin, bertepatan dengan Libur Waisak, Kamis (11/5). Jumlah penumpang maskapai dari berbagai penerbangan di Bandara Kualanamu meningkat dibanding hari biasa.

Diperkirakan, meningkatnya jumlah penumpang karena banyak yang hendak berpergian pada hari libur Waisak. Berdasarkan pantauan, kepadatan penumpang sudah terlihat sejak pagi antrean panjang di sejumlah counter check in tiket dan ruang keberangkatan penumpang di Bandara Kualanamu. Selain tujuan luar negeri, seperti Malaysia dan Singapura, rute penerbangan Kualanamu- Jakarta tampak mendominasi.

Saat terjadi penumpukan penumpang di area check in tiket, dikabarkan ada sedikit kesalahan dari sistem komputer, namun hal itu dibantah oleh Airport Duty Manajer KNIA, Jasirin. “Kalau antrean panjang tidak disebabkan gangguan sistem komputer, karena tidak ada laporan dalam komputer kita. Namun, itu disebabkan momen libur Waisak yang kemungkinan berdekatan dengan libur akhir pekan, jadi penumpang membludak,” terang Jasirin.

Selain penumpukan penumpang, jadwal ditunda sejumlah maskapai penerbangan juga mengakibatkan antrean penumpang sampai mengular di Bandara Kualanamu. Antrean tersebut tampak mengular dari pintu masuk keberangkatan hingga pintu keluar Bandara Kualanamu.

Adapun sejumlah maskapai penerbangan yang menunda jadwal keberangkatannya antara lain, Lion Air JT 0303 tujuan Jakarta, JT 0201 tujuan Jakarta, JT0847 tujuan Palembang, JT 0972 tujuan Batam dan empat penerbangan Wings Air IW 1252 tujuan Melaboh Aceh, IW 1202 tujuan Gunung Sitoli Nias, IW- 1254 tujuan Sibolga dan IW- 1213 tujuan Sabang.

Akibat penundaan itu, tampak para penumpang semakin bertumpuk karena tertahan di ruang tunggu. Suhairi, 44, salah seorang penumpang pesawat tujuan Gunung Sitoli Nias mengatakan sudah sejak pagi dia bersama penumpang lainnya belum juga diberangkatkan. “Parah memang, coba kalau kita terlambat lima menit saja, itu tiket pesawat hangus.

Tapi kita sudah dua jam menunggu, kompensasi apa pun tidak ada diberikan,” ungkapnya. Sementara itu, seorang staf Lion Air, Robi saat ditanyakan mengenai keluhan penumpang mengatakan penundaan bukan hal mereka sengaja. “Ada alasan operasional hingga terpaksa ditunda, namun penumpang tetap akan diberangkatkan,” ujar Robi. Dia enggan menjawab lebih rinci terkait alasan operasional hingga terpaksa menunda sejumlah keberangkatan penumpang.

m andi yusri





Berita Lainnya...